SENSITEK
2018: Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SENSITEK)

Model Maturitas Adopsi E-commerce bagi UKM di Indonesia: Kajian Pustaka

Evi Triandini (STIKOM Bali)
I gede Suardika (STIKOM Bali)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2018

Abstract

Maturitas e-commerce berhubungan dengan pengembangan dan pertumbuhan e-commerce dari tahap inisialisasi awal sampai dengan tahap lanjutan. Model maturitas adopsi e-commerce telah dibangun oleh peneliti yang terdiri atas empat level. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan usaha sector kecil yang memerlukan e-commerce untuk mendukung kegiatan usahanya, misal untuk promosi, komunikasi dengan calon pembeli, memperluas jangkauan pemasaran serta untuk meningkatkan pendapatan. Manfaat adopsi e-commerce akan dicapai disetiap tingkat jika pengguna mampu mengikuti rekomendasi yang diberikan model tersebut disetiap tingkatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian pustaka. Kajian pustaka dilakukan dengan cara mencari artikel dalam jurnal atau proceeding dengan topik yang sesuaiĀ  dengan penelitian. Hasil kajian dan analisis menunjukkan bahwa model maturitas dapat dikategorikan berdasarkan metode pengembangannya. Berdasarkan kategori tersebut, model maturitas adopsi e-commerce peneliti termasuk kategori conceptual dan qualitative. Tindak lanjut penelitian ini yaitu mengukur level adopsi e-commerce UKM di Indonesia ataupun bisa dilakukan bertahap pada UKM lingkup regional. Kata kunci: model maturitas adopsi e-commerce, UKM, e-commerce

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sensitek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Dalam rangka meningkatkan minat publikasi ilmiah di kalangan akademisi maupun praktisi dibidang teknologi informasi dan multimedia, STMIK Pontianak menyelenggarakan Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SENSITEK) 2018. ...