BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal
Vol 15, No 02 (2018)

Kualitas Pelayanan Dampaknya Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang

Maftuhah Nurrahmi (Universitas Muhammadiyah Palembang)
Hardiansyah Al Fikri (Universitas Muhammadiyah Palembang)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2018

Abstract

ABSTRACT               This research is formulated whether or not there was significant influence of service quality toward the patients’ satisfaction and loyality impact at mauhammadiyah hospital Palembang. This research was aimed at determining the significant influence of service quality toward the patients’ satisfaction and loyality impact at muhammadiyah hospital Palembang. This research type was such an associative. The research location was at muhammadiyah hospital of Palembang. There were 100 respondents used as sample of the research. The data sources were primary data and secondary data. To collect the data, the researcher used questionnaire. To analyze the data, the researcher used Structural Equation Model (SEM) for windows 8.70 version. The resuls showed that there was significant of service quality toward the patients’ satisfaction and loyality impact at muhammadiyah hospital Palembang. Keywords                   : service quality, patients’ satisfaction, loyality Correspondence to       : umiulul@gmail.com, ikhwanperindu@gmail.com  ABSTRAK               Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) adakah pengaruh kualitas pelayanan  terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Muhamadiyah Palembang. 2) Adakah pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Muhamadiyah Palembang. 2) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan tempat penelitian di rumah sakit Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Data yang digunakan adalah primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah kuesioner. Adapun teknik analisis data yang dugunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) for windows versi 8.70. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien rumah sakit Muhammadiyah Palembang. 2) kepuasan pasien berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pasien rumah sakit Muhammadiyah Palembang. Kata Kunci                  : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasein.Korespondensi             : umiulul@gmail.com, ikhwanperindu@gmail.com

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

balance

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

BALANCE merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini menfokuskan pada publikasi hasil penelitian dan artikel ilmiah tentang ekonomi, bisnis, manajemen dan ...