Jurnal Mitra Pendidikan
Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI INTERAKSI EDUKATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE

Julia Ismail (Universitas Pasifik Morotai)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif presentase, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia melalui Interaksi Edukatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah keseluruhan 126 siswa. Sedangkan penerapan sampel dalam penelitian adalah sebanyak 32 siswa mewakili seluruh populasi. Pengumpulan data menggunakan (1). Teknik Observasi, (2). Teknik Wawancara, dan (3). Angket. Angket penelitian terdiri dari 1 butir soal pilihan ganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan skala interval presentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1). Peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia melalui interaksi edukatif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 kota Ternate masih berada pada kategori “rendah” (2). Pada hasil analisis data kategori “sangat rendah” terdapat 35 responden, “rendah” 80 responden, “sedang” 44 responden dan “cukup” 61 responden.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

e-jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan ...