Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1, No 2 (2019): JULI

KORELASI PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 03 KOTA BENGKULU

Wenny Aulia (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi penguasaan kosakata, kemampuan menulis eksposisi, dan korelasi penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis eksposisi siswa kelas XI SMA Negeri 03 Kota Bengkulu. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 333 orang yang tersebar dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas XI dengan jumlah 42 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif untuk penguasaan kosakata dan tes unjuk kerja untuk kemampuan menulis eksposisi. Hasil penelitian dan analisis data korelasi penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis eksposisi sebagai berikut. Pertama, Penguasaan koasakata siswa kelas XI SMA Negeri 03 Kota Bengkulu berada pada kualifikasi hampir cukup dengan nilai 54,09. Kedua, kemampuan menulis eksposisi siswa kelas XI siswa kelas XI SMA Negeri 03 Kota Bengkulu berada pada kualifikasi hampir cukup dengan nilai 54,88. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis eksposisi siswa kelas XI SMA Negeri 03 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

disastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, linguistik, pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, literasi, serta pengajaran BIPA. ...