cover
Contact Name
Ixsir Eliya
Contact Email
ixsir@iainbengkulu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
disastra@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 26553031     EISSN : 26557851     DOI : -
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, linguistik, pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, literasi, serta pengajaran BIPA.
Arjuna Subject : -
Articles 106 Documents
REPRESENTASI KEHIDUPAN ANAK DALAM WACANA LIRIK LAGU BERTEMA BROKEN HOME Ferdian Achsani
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 1, No 2 (2019): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.096 KB) | DOI: 10.29300/disastra.v1i2.1860

Abstract

Lirik lagu dan musik adalah bagian dari wacana yang bertalian. Dengan hadirnya lirik lagu yang diiringi musik akan memberikan pengaruhnya sendiri, dan sebaliknya. Lirik lagu hadir sebagai ungkapan perasaan yang ditulis oleh penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak perceraian yang disebabkan oleh orang tua pada anak, yang tercermin dalam lirik lagu yang mewakili kehidupan anak-anak yang menjadi korban broken home. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Teknik validitas data menggunakan teknik ketekunan. Beberapa lirik lagu yang menjadi objek penelitian ini antara lain 1) Korban Wong Tuwo, 2) Diary Depresiku, 3) Cerita Anak Jalanan, 4) Kemana Kasih Sayang. Hasil yang diperoleh dari analisis beberapa lirik lagu terbaik adalah bahwa orang tua memainkan peran besar dalam membentuk kepribadian anak. Lirik lagu yang telah disebutkan menunjukkan bahwa perceraian yang terjadi oleh kedua orang tua berdampak karena anak-anak kurang cinta, anak-anak menjadi pembangkang, bodoh, dan anak-anak kehilangan masa depan mereka.
PENGGUNAAN MEDIA TAYANGAN FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN KEMBALI TEKS CERITA PENDEK SECARA LISAN DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA SMP Aristia Fatmawati
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 1, No 1 (2019): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.523 KB) | DOI: 10.29300/disastra.v1i1.1461

Abstract

Short film display media is an innovative media that can be used to improve students' competence in learning to re-arrange short story text orally. The purpose of this research is to describe the use of short film display media in learning to reset short story text orally with simulation method for junior high school students. Data were collected by test and non-test methods. Data obtained through two activities namely pretest and posttest. The data is obtained from students of class VII of SMP N 2Blora. The results of the use of short movie display media in the learning re-compile the text of short stories orally with the simulation method of junior high school students is quite influential. Evidently there is a difference between before and after treatment. Before the average pretest value of knowledge was 77.28. However, at posttest, the average value of knowledge becomes 85.81. For skill, when pretest, the average value is 75.63, but when the posttest becomes 83.45.
IDEOLOGI HUKUM DAN KEKUASAAN PADA WACANA PEMBERITAAN KASUS HUKUM DALAM MAJALAH TEMPO EDISI JULI 2012 Novita Desiana
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 1, No 2 (2019): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217 KB) | DOI: 10.29300/disastra.v1i2.1898

Abstract

The purpose of this study was (determine the form of legal ideology which is espoused by the journalists. Of tempo magazine, and (2) to determine whether there is an element of power or not. The approach in this study was critical paradigm is an elemnt of power or not. The approach in this study was critical paradigm with methods of critical discourse analysis (AWK). The sources of this research are four discourses news text about the law in the July 2012 edition of Tempo magazine. Furthermore the form of research data are vocabulary, phrases, or sentences that were analyzed by the following steps: transibing the data from the document (text message), grouping/classifying wors, phrases, or sentences as well as the background image of cases conditions raised in the reporting containing legal ideology, draw conclusions. The results of this study indicate that in the case of news contains legal ideology that is more pro and justice, and does not contain the characteristics of power in the reporting. The critical acumen of journalists in highlighting the problems in its message is just as form of selfi-identity of Tempo magazine with no affiliation to the government. This legal ideology appears in the way of selecting the vocabulary, phrases, sentences and citations that led to participant in the news, as well as the background image of cases conditions that appear in news.
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS III SDN 05 KABUPATEN MUKOMUKO Harmaini Harmaini
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 1, No 1 (2019): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.909 KB) | DOI: 10.29300/disastra.v1i1.1466

Abstract

In the cycle of learning improvement studies conducted in class III SD Negeri 05 Mukomuko City by using interactive learning models on Indonesian subjects, teachers did not optimize learning so that some students were still found to be less active in learning. While in cycle I, these deficiencies were overcome by improving learning from prasiklus with the implementation of maximum interactive learning. In prasiklus, there are still students who have not been involved in learning, so in the first cycle, the teacher tries to get students involved by optimizing group discussions and group presentations. Based on the results of improved learning that has been carried out on Indonesian Language class III subjects at SD Negeri 05 Kota Mukomuko, it has been shown to show progress. This can be seen from the increase in student learning outcomes at each meeting. So that it can be concluded that it has succeeded in improving the learning outcomes of Indonesian students in grade III SD Negeri 05 Kota Mukomuko with a cooperative learning model
STRUKTURALISME DALAM LIRIK LAGU “NOT LIKE THE MOVIE” KATTY PERY Ulfah Mey Lida
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 1, No 1 (2019): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.451 KB) | DOI: 10.29300/disastra.v1i1.1462

Abstract

The song is a work of art that comes from the relationship of sound and language. The purpose of this research is to know the structuralism in Katty Pery's song "Not Like The Movie" lyrics. This research is a qualitative research with analysis model from Miles and Huberman. The results of this study are Each word used in the lyrics of the song are interconnected with each other (sintagmatic). The paradigmatic chain (vertically) is derived from the word selection association which refers to the relation of meaning between one word to another that can be exchanged. The image of the sound that emerged (signifiant) in the fragment of the song lyrics above is very beautiful. The acceptable impression of meaning that the "I" character in the lyrics of the song was shocked and depressed when he heard bad news about the man who meant so much to him.
KAJIAN SASTRA NOVEL “LALITA” KARYA AYU UTAMI MELALUI PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA Ghaida Zukhruf
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 1, No 2 (2019): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.164 KB) | DOI: 10.29300/disastra.v1i2.1901

Abstract

Novel yang dihasilkan oleh para pengarang selalu menampilkan tokoh yang memiliki karakter tertentu sehingga dapat dikatakan bahwa novel juga menggambarkan kejiwaan manusia, meskipun pengarang hanya menampilkan tokoh itu secara fiksi. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji Novel Lalita karya Ayu Utami dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk menelaah secara psikologi tokoh-tokoh dalam novel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini, yaitu kondisi kejiwaan Lalita, tokoh utama yang dipengaruhi oleh konflik internal dan konflik eksternal. Struktur kepribadian Lalita yang paling mendasar, berupa id sangat kuat. Dorongan id yang mengakibatkan ego Lalita terus meninggi dan memuncak mengakibatkan dirinya dipenuhi oleh sifat dan keinginan yang tidak pernah puas merasakan kebahagiaan dan kenyamanan. Akan tetapi, peristiwa perampokan dan pemerkosaan dalam arti yang lebih menyakitkan membuat hati nuraninya terbuka dan kali ini superego dalam jiwanya mampu mengalahkan id dan ego-nya.
BUDAYA MEMBACA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT Heny Friantary
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 1, No 1 (2019): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.634 KB) | DOI: 10.29300/disastra.v1i1.1485

Abstract

Salah satu bidang yang mendapat pengaruh besar dari membaca adalah pendidikan. Membaca diajarkan mulai dari jenjang pendidikan terendah seperti pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Budaya baca seseorang adalah suatu sikap atau tindakan atau perbuatan untuk membaca yang dilakukan secara teratur dan berkelanjutan. Menumbuhkan minat baca merupakan langkah awal dari upaya menciptakan budaya baca masyarakat. Berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas masyarakat Indonesia memali gerakan gemar membaca, kita sebagai orang tuan maupu pendidik mempunyai tangggung jawab terhadap penanaman minat membaca hingga berkembang menjadi gemar membaca. Penanaman minat membaca yang dimaksud di sini ialah upaya penanaman kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang sesuai dengan kebutuhan dan usia.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE DEBAT PADA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 1 REJANG LEBONG Efnawarty Efnawarty
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 1, No 2 (2019): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.276 KB) | DOI: 10.29300/disastra.v1i2.1903

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks diskusi pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Rejang Lebong dengan menggunakan model kooperatif learning tipe debat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes yaitu menulis teks diskusi, dan observasi kegiatan guru dan siswa ketika debat berlangsung dalam pembelajaran serta hasil menulis teks siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks diskusi yang disertai argumen dan data yang akurat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 68,59 dengan kategori cukup, meningkat menjadi  77,74 pada siklus II dengan kategori baik. Selain itu, penggunaan model ini dapat meningkatkan aktiftas siswa dalam berdebat  untuk mencari data dan fakta akurat, yang akan dijadikan sebagai bahan dalam menulis teks diskusi.
ANALISIS PERBANDINGAN NOVEL “MUTIARA DI KOTA MELBOURNE ” DAN “FOUR SEASONS IN BELGIUM” DENGAN PENDEKATAN MIMETIK Susi Seles
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 1, No 1 (2019): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.652 KB) | DOI: 10.29300/disastra.v1i1.1463

Abstract

Comparative literature is interesting to observe. The use of a mimetic approach may indicate an art of presentation or imitation, implying something static; mimetic involves something dynamic, a process, an active relationship with the reality of life. The purpose of this study to find out how the comparison of the novel "Pearl in the city of melbourne" and "Four seasons in belgium" through the mimetic approach. This research was conducted using descriptive research,  that presented the results found in the comparison of two novels with mimetic approach. From these analyzes using the mimetic approach found that there are similarities between the two works of literary novel is the similarity of the title that takes place setting abroad and describes stories that pamper the mind with the beauty of abroad. In addition these two novels illustrate how the life stories of people who fight for love but do not reciprocate because his lover more priority to career than love
KORELASI PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 03 KOTA BENGKULU Wenny Aulia
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 1, No 2 (2019): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.434 KB) | DOI: 10.29300/disastra.v1i2.1902

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi penguasaan kosakata, kemampuan menulis eksposisi, dan korelasi penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis eksposisi siswa kelas XI SMA Negeri 03 Kota Bengkulu. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 333 orang yang tersebar dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas XI dengan jumlah 42 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif untuk penguasaan kosakata dan tes unjuk kerja untuk kemampuan menulis eksposisi. Hasil penelitian dan analisis data korelasi penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis eksposisi sebagai berikut. Pertama, Penguasaan koasakata siswa kelas XI SMA Negeri 03 Kota Bengkulu berada pada kualifikasi hampir cukup dengan nilai 54,09. Kedua, kemampuan menulis eksposisi siswa kelas XI siswa kelas XI SMA Negeri 03 Kota Bengkulu berada pada kualifikasi hampir cukup dengan nilai 54,88. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis eksposisi siswa kelas XI SMA Negeri 03 Kota Bengkulu.

Page 1 of 11 | Total Record : 106