Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian
Vol 14, No 2 (2017): Jurnal Pengembangan Penyuluhan Peternakan

PENGARUH PEMBERIAN AIR KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA) TERHADAP PROFIL DARAH MERAH (JUMLAH ERITROSIT, HEMOGLOBLIN DAN HEMATOKRIT) PADA AYAM BROILER (Effect Giving Water Of Turmeric (Curcuma Domestica) On Cell Red Blood Profiles (Total Of Erythrocytes, Hemoglobin And Hematocrit) Of Broiler Chickens)

Hanifa, Khoirina (Unknown)
Murwani, Retno (Unknown)
Isroli, Isroli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air kunyit terhadap profil darah merah (jumlah eritrosit, kadar hemoglobin, dan hematoktrit) pada ayam broiler. Materi yang digunakan yaitu 200 ekor ayam broiler (DOC/day old chicks) strain Lohman 202 (PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk) dengan bobot badan awal rata-rata 41.48±0.99 gram. Pemberian air minum pada minggu pertama dan pada hari ke-11 hingga selesai menggunakan air kunyit. Rebusan air kunyit disiapkan dengan merebus air mineral 600 ml hingga mendidih, kemudian 10 gram kunyit yang telah dicuci bersih dan dimemarkan,dimasukan dalam rebusan air mendidih selama ± 10 menit. Pemberian air minum dilakukan secara ad libitum. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan dan setiap unit percobaan terdiri dari 8 ekor ayam Adapun perlakuan yang diberikan yaitu 100% air minum, 75% air minum : 25% air kunyit, 50% air kunyit : 50% air minum, 75% air kunyit : 25% air minum, dan 100% air kunyit. Hasil penelitian menujukkan bahwa tidak ada pengaruh pemberian air kunyit terhadap profil darah merah ayam broiler. Simpulan dari penelitian yaitu pemberian air kunyit dalam air minum tidak mengubah profil darah dan tetap berada dalam kisarannormal. Kata Kunci: kunyit, broiler, eritosit, hemoglobin, hematokrit. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Veterinary

Description

Objective of JOURNAL OF DEVELOPMENT OF AGRICULTURAL EXTENTION DEVELOPMENT REVIEW: AGRICULTURE REVIEW ISSUES issued with the aim of describing conceptual thoughts or ideas and results of research to participate in developing animal husbandry studies, with open and contributions from various ...