JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 2 (2019): August 2019

UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DENGAN BANTUAN MEDIA ANIMAL BOARD

Agni Maya Savira (Program Studi PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Stefanus C Relmasira (Program Studi PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah di SD N Mangunsari 06 Salatiga pada muatan IPA. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media animal board. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan studi dokumen. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD N Mangunsari 06 Salatiga yang berjumlah 22. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal-soal tes kemudian dianalisis dengan data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase dari prasiklus 8 (36,36%) siswa mendapatkan nilai tuntas dan 14 (63,64%) siswa mendapat nilai dibawah KKM. Setelah dilakukan tindakan siklus I hasil belajar meningkat dengan 16 (72,72%) siswa mendapatkan nilai tuntas dan 6 (27,28%) siswa masih mendapat nilai dibawah KKM (70). Hasil belajar siswa kembali meningkat setelah dilakukan tindakan siklus II dengan perolehan hasil sebanyak 20 (90,91%) siswa tuntas dan 2 (9,09%) siswa belum tuntas. Dari hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa model Jigsaw berbantuan media animal board dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD N Mangunsari 06 Salatiga.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...