JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 2 (2019): August 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA

Helda Yanti (Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pasir Penyu Indragiri Hulu, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini merupakan study tentang pembelajaran dengan menerapkan Model Snowball Throwing yang dikolaborasikan dengan penggunaan media Charta sebagai jembatan ingatan dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing bertujuan untuk menciptakan suasana belajar aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan sedangkan penggunaan media Charta sebagai jembatan ingatan bertujuan untuk membantu siswa menguasai materi pelajaran dengan cepat. Hal ini bertolak dari refleksi pembelajaran sebelumnya, karena kurang bervariasinya metode dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran menyebabkan siswa pasif, kegiatan pembelajaran lebih terpusat kepada guru. Hal ini berdampak kepada kurangnya aktivitas dan rendahnya hasil belajar siswa, 62,96 % dari jumlah siswa mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75 sehingga mereka harus mengikuti remedial. Dari data hasil penelitian didapatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar meningkat dari 75,36 % pada siklus I menjadi 92 % pada siklus II, sudah mencapai kriteria baik sekali menurut Suharsimi Arikunto. Sedangkan hasil belajar meningkat dari nilai rata-rata 76,30 pada siklus I menjadi 85,56 pada siklus II. Siswa yang tuntas tanpa remedi pada siklus I adalah 70,37%, pada siklus II meningkat menjadi 96,30%; padahal peneliti menetapkan penelitian dianggap berhasil jika 85 % dari jumlah siswa tuntas mencapai KKM yaitu 75.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...