Indonesian Journal of Education and Learning
Vol 2, No 2 (2019): Indonesian Journal of Education and Learning

PEMBELAJARAN BERBICARA BERBASIS LITERASI INFORMASI DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER OF THINKING SKILL (HOTS) PESERTA DIDIK KELAS XI SMA

Firstya Evi Dianastiti (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Model cooperative learning berbasis literasi informasi dalam pembelajaran berbicara dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Pembelajaran berbicara menggunakan model cooperative learning berbasis literasi informasi terbukti dapat meningkatkan nilai kompetensi dasar mempresentasikan teks laporan pada hasil tahap pasca-implementasi. Nilai rata-rata peserta didik pada kemampuan mempresentasikan teks laporan dalam pembelajaran pasca-implementasi mengalami peningkatan. Sebelumnya, pada pra-implementasi nilai rata-rata peserta didik adalah 53,75 berada dalam kategori nilai kurang baik. Kemudian pada tahap pasca-implementasi nilai rata-rata peserta didik naik menjadi 68,44 termasuk kategori nilai cukup baik. Penggunaan model cooperative learning dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna, menyenangkan, dan memotivasi peserta didik untuk belajar. Selain keterampilan berbicara yang meningkat, juga terjadi perubahan sikap positif pada peserta didik kelas XI-MIPA 1 SMA Negeri 1 Pegandon. Implementasi model cooperative learning berbasis literasi informasi juga meningkatkan Higher Order of Thinking Skills (HOTS) pada peserta didik. Tidak hanya terampil berbicara dan kritis, terbukti bahwa penggunaan model ini juga dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik  saat berbicara di depan umum.

Copyrights © 2019