Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 6, No 1 (2015): Oktober

Analisis Pengaruh Harga Paket, Kualitas, Fasilitas Terhadap Kesetiaan Pelanggan Internet Kartu GSM Tri Always On di Bandar Lampung

H. Achmad Subing (Universitas Bandar Lampung)
Yohanes YOHANES (Univeristas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2015

Abstract

Perkembangan zaman semakin modern membuat persaingan semakin ketat sehingga konsumen sangat rentang berubah-ubah dan perusahaan harus dapat mengikuti setiap perubahan keinginan-keinginan konsumennya secara terus-menerus. Objek penelitian ini yaitu Kartu GSM Tri Aon merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Kartu GSM. Masalah dalam penelitian ini yaitu jumlah pelanggan cenderung menurun setiap bulannya, nilai  terendah dibulan desember mengalami penurunan yang berjumlah 43 pelanggan. Permasalahan dalam penelitian ini apakah harga paket, kualitas, dan fasilitas berpengaruh terhadap  kesetiaan pelanggan pengguna Kartu GSM Tri Aon dikalangan Mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga paket, kualitas, dan fasilitas terhadap kesetiaan pelanggan bagi pengguna Kartu GSM Tri Aon dikalangan Mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung. Populasi yang terdapat pada penelitian ini adalah pelaggan yang sering atau pernah  berlangganan  atau baru berlangganan layanan internet Kartu TRI Always on, jumlah sampelnya 100 orang dengan teknik dirandom sampling. Metode analisis deskriptif, teknik pengumpulan datanya menggunakan twknik observasi,  wawancara, dokumentasi dan kuisioner.  Alat analisis yang digunakan  dengan mengunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil bahwa kesetiaan pelanggan dapat dijelaskan oleh faktor Harga Paket, Kualitas dan Fasilitas  diperoleh bahwa 68,8%  kesetiaan pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Dari hasil pengujian bahwa variabel harga paket berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesetiaan pelanggan GSM Tri Always On. ini terbukti  pada  nilai  t hitung (4,714) lebih besar dari t  tabel (1,660) dengan nilai signifikansi 0,000 dengan menggunakan batas signifikansi 0,05. Variabel  kualitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesetiaan  pelanggan GSM Tri Always On. Hal ini terbukti pada nilai t hitung (4,888) lebih besar dari t tabel (1,660) dengan nilai signifikansi 0,000 dengan menggunakan batas signifikansi 0,05. Variable  fasilitas dapat disimpulkan bahwa variabel fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesetiaan pelanggan ini terbukti pada nilai t hitung (3,954) lebih besar dari t tabel (1,660) dengan nilai signifikansi 0,000 dengan menggunakan batas signifikansi 0,05. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima.The development of more modern times make the competition tighter ranges so that consumers are very fickle, and the company should be able to follow any changes to the desires of consumers continuously. The object of this study, namely GSM Tri Card Aon is a company engaged in the field of GSM cards. The problem in this research that tends to decrease the number of customers each month, the lowest value of December month decline of 43 customers.  Problems in this study whether the package price, quality, and facilities affect the customer loyalty card users GSM Tri Aon among students of faculty of Economics University of Bandar Lampung. This study aimed to analyze the effect of the package price, quality, and facilities for users of the customer loyalty card GSM Tri Aon among students of faculty of Economics University of Bandar Lampung. The population included in this study is pelaggan often or have a new subscription or subscription internet service TRI Card Always on, the sample size of 100 people with a randomized sampling technique. Descriptive analysis methods, data collection techniques using observation, interviews, documentation and questionnaires. The analytical tool used by using multiple linear regression. The results of this research to get the result that customer loyalty can be explained by factors Package Price, Quality and Facilities 68.8% was obtained that customer loyalty can be explained by these three variables. From the test results that variable pricing package and significant positive effect on customer loyalty GSM Tri Always On. This was evident at the t value (4.714) is greater than t table (1.660) with a significance value of 0.000 using the 0.05 limit. Variable quality and significant positive effect on customer loyalty GSM Tri Always On. This was evident at the t value (4.888) is greater than t table (1.660) with a significance value of 0.000 using the 0.05 limit. Variable facility can be concluded that the variable facilities and significant positive effect on customer loyalty is proven at the t value (3.954) is greater than t table (1.660) with a significance value of 0.000 using the 0.05 limit. Based on the explanation can be concluded that all the proposed hypothesis can be accepted.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Bisnis Internasional, Ekonomis Bisnis, Etika Bisnis, Kewirausahaan, Manajemen Administrasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Pendidikan, Manajemen Produksi, Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pasar Modal, Perilaku Organisasi, Sistem Informasi ...