Unnes adalah kampus konservasi yang menjunjung prinsip-prinsip konservasi atau pelestarian alam dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan psikologi konservasi dalam pengembangan SDM di UNNES. Dalam perspektif psikologi konservasi, ada pertemuan antara nilai pelestarian alam dan komitmen untuk memajukan kesejahteraan mental dan perilaku manusia. Mengingat peran aktif dan keterlibatan mahasiswa dalam program-program konservasi, penelitian ini menyorot mahasiswa sebagai SDM yang penting untuk dikaji. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, khususnya studi kasus dengan populasi mahasiswa penghuni rusunawa Unnes dan sampel sebanyak 30 mahasiswa. Data diperoleh dengan teknik wawancara dan dianalisis secara tematik. Untuk memperole kredibiltas data, penulis menggunakan triangulasi. Dengan menerapkan konsep psikologi konservasi pada mahasiswa penghuni rusunawa Unnes dengan program innovasi Go Green, hasil riset ini mengkonfirmasi bahwa pilar-pilar konservasi yang dicetuskan mampu membuat komitmen perilaku yang lebih simpatik terhadap pelestarian alam, atau berpengaruh ke aspek psikologis.UNNES is a conservation university that upholds the principles of natural and cultural conservation. This research aims to study the application of conservation psychology in developing human resources in UNNES. In the perspective of conservation psychology, there is an intersection between the values of natural conservation and the commitment to nurture mental health, well-being and human behaviors. Given the active on-going contribution of conservation programmes. This descriptive qualitative research by studying the case of students staying at Unnes boarding house as its population, with a sample of 30 students. Data is collected through interviews and is analyzed thematically. To obtain data credibility, authors use triangulation. By implementing conservation psychology on the students staying at Unnes boarding house, this study confirms that the pillars of conservation proposed by Unnes have been able to render the students more committed in taking care of their environment, and/or influencing their psychological aspects.
Copyrights © 2019