cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Intuisi
ISSN : 25412965     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah is the scientific publication media to accommodate ideas and innovation research results of psychology academicians and other experts who are interested in the field of Psychology. Vision intuition is to encourage the development of science-based psychology, indigenous psychology.
Arjuna Subject : -
Articles 542 Documents
HUBUNGAN ANTARA THE BIG FIVE PERSONALITY TRAITS DENGAN FEAR OF MISSING OUT ABOUT SOCIAL MEDIA PADA MAHASISWA Tresnawati, Febrina Rani
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 3 (2016): November 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Keinginan untuk selalu mengetahui update pada media sosial dapat menyebabkan individu memiliki ketakutan untuk selalu ingin melihat update di media sosial. Ketakutan ini dapat terjadi pada siapa saja termasuk pada mahasiswa sebagai pengguna aktif media sosial. Ketakutan yang dirasakan setiap individu dapat berbeda. Perbedaan individu salah satunya dapat diihat dari trait kepribadian. Salah satu teori trait kepribadian adalah the big five personality traits, yakni openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticism. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara the big five personality traits dengan fear of missing out about social media. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 643 mahasiswa dengan menggunakan multistage cluster sampling. Data penelitian the big five personality traits diambil menggunakan skala Big Five Inventory. Variabel kedua diukur dengan skala fear of missing out about social media. Hasil analisis ini menghasilkan koefisien korelasi secara stimultan dengan r= 0,248 dan signifikansi atau p = 0,000, sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara the big five personality traits dengan fear of missing out about social media diterima. Hasil penelitian menunjukkan trait kepribadian yang memiliki korelasi positif dengan fear of missing out about social media yaitu extraversion dan agreeableness. Sedangkan neuroticism berkorelasi negatif, conscientiousness tidak berkorelasi dan openness dinyatakan tidak liniear sehingga tidak dilakukan uji hipotesis.Abstract. The longing to always knowing the update in social media causes each individual has fear for always knowing their friend’s update in social media. This fear could raise to anyone including students as the active users of social media. The fear that raises each of individual may differ from one another. One of them is individual differencess that can be seen from personality trait. One of the personality trait theory is the big five personality traits, which are openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticism. The purpose of this research is to know the relationship between the big five personality traits and fear of missing out about social media.This research is quantitative correlation research. The samples of this research are 643 students by using multistage cluster sampling. The data of the big five personality traits is taken using adapted Big Five Inventory scale totaling 44 items. The second variable measure by The fear of missing out about social media scale is modification from previous research which has 19 items. The analysis is resulting r= 0,248 with significance or p = 0,000, so that hypothesis which claims the relationship between the big five personality traits and fear of missing out about social media is accepted. The result shows personality trait that has positif correlation with fear of missing out about social media is extraversion and agreeableness. Meanwhile, neuroticism is negatively correlated, conscientiousness is not correlated and openness personality trait is claimed not linear so no hypothesis test needed. The recommendation which could be given is that we should use social media wisely because the more time spent on surfing, especially in social media could make the user feels the fear of missing the updates in social media and it could grows into internet addiction.
Family Resilience pada Keluarga yang Memiliki Anak dengan Spektrum Autistik – Ditinjau dari Perspektif Ibu Maulidia, Fachrun Naja; Kinanthi, Melok Roro; Permata, Atari Suci; Fitria, Nurindah
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 9, No 1 (2017): Maret 2017
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Memiliki anak dengan spektrum autistik merupakan tantangan tersendiri bagi sebuah keluarga. Bagaimana respon keluarga dalam menghadapi tantangan tersebut akan menentukan perkembangan keluarga selanjutnya. Dibutuhkan respon yang adaptif dan kemampuan untuk bangkit dari situasi sulit bagi keluarga, atau family resilience agar keluarga tetap dapat berfungsi secara optimal. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk melihat gambaran family resilience dari perspektif  ibu selaku caregiver utama yang paling banyak berinteraksi dengan anak yang memiliki spektrum autistik. Partisipan penelitian ini adalah 148 ibu yang memiliki anak autistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat ukur Walsh Family Resilience Questionnaire sebagai instrumen untuk mengukur family resilience pada partisipan. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas partisipan (75%) mempersepsikan tingkat family resilience yang dimiliki keluarganya berada pada kategori sedang. Selanjutnya, sebanyak 11% partisipan mempersepsi family resilience dalam kategori rendah, dan 14% kategori tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar partisipan mempersepsikan keluarganya cukup mampu beradaptasi dan bangkit dari situasi sulit yang dihadapi walaupun belum cukup optimal. Family resilience yang dimiliki keluarga partisipan merupakan modal bagi keluarga untuk dapat memaksimalkan kualitas hidupnya. Dengan reseliensi yang cukup baik, maka tingkat stres keluarga serta dampak negatif lainnya yang mungkin terjadi akan berkurang sehingga secara otomatis akan berpengaruh pada peningkatan kualitas hidup keluarga.  Abstract. Having an autistic child was quite challenging. It took adaptive responses and the ability to be resilient for the family so that they able to function optimally in their life. This descriptive study aimed to gain information regarding the potrait of family resilience among families with autistic child. Participants of this study were 148 mothers who have autistic child. With quantitative approach used as methodology paradigm, this study applied Walsh Family Resilience Questionnaire to measure the participants family resilience. The results of this study revealed that most of participants (75%) perceived the level of their family resilience as moderate level; while 11% of participants perceived it as low level, and the remains (14%) as high level. These results indicated that most participants perceived his family as quite able to adapt and quite resilient to overcome difficult situation, although still less optimal. By knowing the level of family resilience among those who have autistic child, we can manage it as a resource to encrease their quality of life.
HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS DZIKIR DENGAN OPTIMISME KESEMBUHAN PADA PECANDU NARKOBA DI PONDOK REHABILITASI Faizin, Mohamad Choirul
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran intensitas dzikir, mengetahui gambaran optimisme kesembuhan dan menguji hubungan antara intensitas dzikir dengan optimisme kesembuhan pada pecandu narkoba di pondok rehabilitasi. Populasi penelitian ini adalah pecandu narkoba di Pondok Remaja Inabah, Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 83 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan dua skala, yaitu skala intensitas dzikir dan skala optimisme kesembuhan. Skala intensitas dzikir yang digunakan terdiri dari 29 aitem, dengan koefisien validitas berkisar antara 0,287 sampai dengan 0,708 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,745. Sedangkan skala optimisme kesembuhan yang digunakan terdiri dari 29 aitem, dengan koefisien validitas berkisar 0,298 sampai dengan 0,702 dan reliabilitas berkisar 0,793. Hasil penelitian menunjukan bahwa optimisme kesembuhan pada kategori sangat tinggi dengan aspek yang menonjol yaitu personalization. Intesitas dzikir pada pecandu narkoba berada pada kategori sangat tinggi, dengan aspek yang menonjol yaitu enjoying. Hasil uji korelasi menunjukan bahwa koefisien korelasi (r) intensitas dzikir dan optimisme kesembuhan pada pengguna narkoba sebesar 0,601 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p < 0,01). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara intensitas dzikir dan optimisme kesembuhan pada pecandu narkoba”. Disimpulkan bahwa jika intensitas dzikirnya tinggi maka tingkat optimisme kesembuhannya akan tinggi dan sebaliknya jika tingkat optimisme kesembuhannya rendah maka optimisme kesembuhannya akan rendah pula. Bagi peneliti selanjutnya, hendak meneliti maupun mengembangkan penelitian sejenis untuk dapat mengeksplor informasi lebih mendalam tentang intensitas dzikir, dengan metode penelitian kualitatif.Abstract. This study has conducted in order to investigate the depiction of dzikr intensity, the depiction of healing optimism, and examine the relation between them both to the drugs addicts. The population in this study is the drugs addicts in Pondok Remaja Inabah, Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya. Sampling technics that used in conducting the study is the purposive sampling technics. The amount of the samples in this study is 83 participants. The study data gathered using two scale, those are dzikr intensity and healing optimism scales. Dzikr intensity that is used with the 0,708 and reliability coefficient around 0,745. Meanwhile, the healing optimism scale that is used is included 29 items, with the validity coefficient around 0,298 to 0,702 and the reliability around 0,793. The result of the study shows that the healing optimism on the categories above is extemely high rates in line with the major aspect that is personalization. The dzikr intensity through drugs addicts on the extremely high category, on the major aspect that is enjoying. The result of the correlation test shows that the correlation coefficient (r) dzikr intensity and the healing optimism through the drugs addicts in amount of 0,601 and significant degree p value= 0,000 (p < 0,01). This result shows that there is a correlation between the dzikr intensity and healing optimism through the narcotics and drugs addicts. It was concluded that when the dzikr intensity comes higher then so does the healing optimism and the reverse, while the dzikr intensity comes lower then so does the healing optimism itself.
ORIENTASI DASAR NILAI HIDUP PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES Hendriyani, Rulita
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 1, No 2 (2009): Juli 2009
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Value is a basic endorsement of attitude or a disposition that directs behavior: Value as a concrete consideration or existential also a preference that motivate indvidual behavior. This research aims to find out value orientation of unnes psychology department’s students. The research done in psychology state university o semarang with 156 students as the subjects, 44 males and 112 females. The data were taken incidentally. The research results show that there is no dominant value followed by the students of psychology department semarang state university. The highest orientation value if esthetical value, then religious value, theoretical value, social value, economical value, and the last is political value. There is no different economical value between male and female. There is no diferent esthetical value between male and female. There is no different social value between male and female. There is no different political value between male and female. There is different religious value between male and female.
EKSPLORASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR Martiarini, Nuke
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penanaman nilai-nilai luhur pendidikan karakter akan efektif jika ada konsistensi antara nilai-nilai yang ditanamkan pada masa usia dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, sampai dengan Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (melalui eksplorasi), nilai-nilai karakter yang dipahami guru dan upaya untuk menanmkannya kepada siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar negeri dan swasta yayasan agama di wilayah Gunungpati Semarang. Pengambilan data dilakukan melalui dua tahap, yaitu melaui focused group discussion (FGD) kemudian dilanjutkan dengan wawancara mendalam. Hasilnya adalah, nilai-nilai karakter yang dipahami oleh subjek mencakup kesesuaian dengan visi misi sekolah (membentuk pribadi yang cerdas dan beriman), pentingnya menggunakan bahasa lokal (Jawa) untuk menanamkan nilai-nilai menghargai (yang lebih muda dan setara) dan menghormati (yang lebih tua), pentingnya menanamkan nilai kejujuran (ada beberapa temuan tentang ketidakjujuran), nilai kepedulian terhadap sesama, dan untuk menanamkan nilai-nilai tersebut diperlukan contoh konkret (teladan) dari guru, dan secara makro perlu kontrol (hierarkis) dari dinas pendidikanThe values of character education will be effective if there is consistency between the values instilled in early childhood, primary school, high school, to the university. This study aims to determine the values of the characters that are understood by teachers to students. This type of research is qualitative with phenomenological approach. The subjects were elementary school teachers of public and private school Gunungpati Semarang. Data were collected through two stages, first collected by focused group discussion (FGD), then by in depth interviews.The result are,the values of characters must be connected with the vision and mission of the school (forming personal intelligent and faithful),the importance of using local languages (Java) to instill the values of respect,the importance of instilling the values of honesty (there are several findings of dishonesty), the value of caring for others,and to instill the values of the required concrete examples (example)of the teachers, and all of them need to control by department of education.
EFIKASI GURU DALAM MENGAJAR PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL ANAK Mahanani, Fatma Kusuma; Paramastri, Ira
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 3 (2016): November 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Semua anak berisiko mengalami Kekerasan Seksual Anak (KSA).Pencegahan berbasis sekolah yang melibatkan guru sekolah dasar merupakan salah satu upaya strategis dalam mencegah KSA.Namun, guru sekolah dasar negeri di Kota Yogyakarta mengalami kesulitan untuk menjadi agen pencegahan KSA karena keterbatasan pengetahuan dan merasa kurang yakin akan kemampuannya mengajarkan pencegahan KSA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi mengajar pencegahan KSA pada guru sekolah dasar negeri melalui Program “Jari Peri” (Guru Ajari Perlindungan Diri).Metode yang digunakan adalah Metode Kuantitatif dengan The Untreated Control Group Design with Pretest and Posttest.Subjek penelitian adalah 18 guru sekolah dasar negeri, 9 guru sebagai kelompok eksperimen dan 9 lainnya sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pengetahuan program “Jari Peri” dan skala efikasi mengajarkan pencegahan KSA. Analisis data menggunakan disain Anava Mix.Hipotesis penelitian ini adalah program “Jari Peri” dapat meningkatkan efikasimengajar pencegahan KSA pada guru sekolah dasar negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program “Jari Peri” efektif meningkatkan efikasi mengajar pencegahan KSA pada guru sekolah dasar negeri dengan p<0,05. Efikasi mengajar pencegahan KSA kelompok eksperimen p<0,05 lebih tinggi daripada kelompok kontrol p>0,05.Abstract. Every child is prone to Child Sexual Abuse (CSA). The school-based prevention involving elementary school teachers is one of the strategic efforts to prevent CSA. However, teachers of public elementary school in the City of Yogyakarta found it difficult to be the agents of CSA prevention due to their insufficiency in terms of knowledge and confidence to teach CSA prevention. This study was aimed at improving efficacy in teaching child sexual abuse prevention for teachers of public elementary school through “Jari Peri” (Guru Ajari Perlindungan Diri – Self Protection Instructed by Teachers) program. The method used was a Quantitative Method using Untreated Control Group Design with Pretest and Posttest. The subjects were 18 teachers of public elementary school; 9 of them in experiment group and 9 others in the control group. The instrument used in this study was the test on the knowledge about “Jari Peri” and efficacy scales in CSA teaching. The researcher used Anava Mix design to analyse the data. The hypothesis of this study was that the “Jari Peri” program can improve the efficacy in teaching the prevention of CSA for teachers of public elementary school. The results showed that “Jari Peri” program was effective in improving the teaching efficacy on the prevention of CSA for teachers of public elementary school p<0,05. The efficacy in teaching of CSA in the experiment group p<0,05 was higher than the one in the control group p>0,05.
GAMBARAN CYBERBULLYING PADA REMAJA PENGGUNA JEJARING SOSIAL DI SMA NEGERI 1 DAN SMA NEGERI 2 UNGARAN Wiryada, Okik Adishya Banu; Martiarini, Nuke; Budiningsih, Tri Esti
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 9, No 1 (2017): Maret 2017
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Jejaring sosial merupakan media komunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa kegiatan tatap muka secara langsung atau berkomunikasi menggunakan internet. Penggunaan internet jejaring sosial dapat memberikan efek negatif bagi penggunanya, seperti tindakan kekerasan simbolik yang tidak menimbulkan luka fisik, dilakukan seseorang terhadap orang lain melalui jejaring sosial dengan tujuan untuk menyakiti atau merugikan orang lain. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif berjenis deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Ungaran dan SMAN 2 Ungaran, Kabupaten Semarang. Sampel yang diambil berjumlah 622 siswa dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan angket, yaitu angket cyberbullying. Hasil penelitian ini adalah Hasil penelitian ini adalah 1) Gambaran cyberbullying pada remaja menunjukan bahwa subjek yang menjadi korban memiliki kategori tinggi. 2) Gambaran cyberbullying di SMAN 1 Ungaran dan SMAN 2 Ungaran menunjukan bahwa subjek yang menjadi korban memiliki kategori tinggi. 3) Gambaran cyberbullying pada jenis kelamin laki-laki dan perempuan menunjukan bahwa subjek yang menjadi korban memiliki kategori tinggi. 4) Gambaran cyberbullying pada usia 15 tahun, 16 tahun dan 17 tahun menunjukkan bahwa subjek yang menjadi korban memiliki kategori tinggi. Abstract. Social networking are used by people to communicate with the other people without face to face communication or communication with internet. Social networking are used by people to communicate with the other people without face to face communication or communication with internet. But, there are some users in social networking are deviate and use their account as not as it should be. This study is a quantitative research with quantitative descriptive method. The quantitative descriptive type of research with analysis only at the level of description. Samples taken amounted to 622 students by using purposive sampling technique. Measuring instrument in this research using a questionnaire, the questionnaire about cyberbullying. The results of this study were 1) Overview of cyberbullying among adolescents showed that subjects who are victims have a higher category. 2) A description of cyberbullying in SMAN 1 and SMAN 2 Ungaran Ungaran showed that subjects who are victims have a higher category. 3) A description of cyberbullying on gender men and women showed that subjects who are victims have a higher category. 4) A description of cyberbullying at the age of 15 years old, 16 years old and 17 years old are showed that subjects who are victims have a higher category.
INTERRELASI ANTARA IRI, SOCIAL UNDERMINING, DAN PROSOCIAL BEHAVIOR Iezzah, Amatullah Sibghotul
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 3 (2016): November 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Prosocial behavior adalah perilaku membantu atau mementingkan orang lain, terkadang tidak memberikan keuntungan bagi yang melakukan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku ini, salah satunya adalah emosi negatif. Persoalan sosial yang sarat nuansa psikologis, dan emosi yang negatif adalah iri (envy) dan social undermining. Beberapa ahli berbeda pendapat mengenai keterkaitan emosi negatif dan perilaku prososial. Di sisi lain, ada pula beberapa perbedaan pendapat mengenai keterkaitan iri dengan konsekuensi berperilaku positif (seperti prososial) serta perilaku negatif (seperti social undermining). Realitanya, dalam kehidupan sehari-hari, keterkaitan ketiga variabel tersebut pun berbeda-beda. Beberapa perbedaan konsekuensi berperilaku baik secara teori maupun praktek, menimbulkan pertanyaan bagaimanakah interrelasi antara iri, social undermining, dan prosocial behavior? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iri (envy) terhadap prosocial behavior, pengaruh social undermining terhadap prosocial behavior, dan pengaruh iri terhadap social undermining. Penelitian ini menggunakan me tode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun ajaran 2014/2015 semester genap, sampel diambil menggunakan metode cluster sampling with probability. Hasil uji hipotesis iri berpengaruh terhadap prosocial behavior yaitu pengaruh F 42.035 dengan signifikansi 0.000 sebesar 11.4%. Hasil uji hipotesis social undermining berpengaruh terhadap prosocial behavior yaitu pengaruh F 263.360 dengan signifikansi 0.000 sebesar 44.7%. Hasil uji hipotesis iri berpengaruh terhadap social undermining yaitu pengaruh F 36.692 dengan signifikansi 0.00 sebesar 10.1%.Abstract. Prosocial behavior is helping or considering to other behavior, sometimes not give profit to someone who do it. There are some factor which can influence this behavior, one of them is negative emotion. The social problem which full psychologys nuance and negative emotion is envy and social undermining. Some researcher have different opinion about the relationship between negative emotion and prosocial behavior. In the other side, there is some different opinion about the relationship between envy and positive outcome (like prosocial behavior), and also negative outcome (like social undermining). In fact, in daily activity, the relationship among these variable also different. Some different behavior consequences both theory and practice, makes a question how are interrelation among envy, social undermining, and prosocial behavior?The aim of this study is to know the effect of envy to prosocial behavior, the effect of social undermining to prosocial behavior, and the effect of envy to social undermining. This study using quantitative method. The population of this study is State University of Semarang students years 2014/2015 even semester. This study using cluster sampling with probability method. The result of hypothesis test of envy influential to prosocial behavior is the effect F 42.035 with significancy 0.000 as big as 11.4%. The result of hypothesis test of social undermining influential to prosocial behavior is the effect F 263.360 with significancy 0.000 as big as 44.7%. The result of hypothesis test of envy influential to social undermining is the effect F 36.692 with significancy 0.000 as big as 10.1%..
SOSIALISASI ANAK TK DI SEKOLAH AKIBAT PENERAPAN DISIPLIN OTORITER GURU (Penelitian Deskriptif pada TK PGRI 65 Gebangsari Semarang Tahun Ajaran 2008-2009) Deliana, Sri Maryati
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 1, No 2 (2009): Juli 2009
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Background of this research was kindergarten teacher which in PBM (Learning Process Teachs) applies autoritary discipline though ought to a kindergarten teacher becomes fasilitator and having responsibility to create situation that can grow initiative, motivation and participant responsibility educates to learn. This research applies descriptive method Population in this rematch me kindergarten  students of PGRI 65, with subjects 40. Sampling technique applies technics of population study. Variable in this research is socialization kindergarten student. Data collecting method by using Observation check list socialization of kindergarten .students. With three observers; Based on result of inferential research that applying of autoritary discipline Iearned haves an in with sociaIization children of because children will become more agresive. Based on result of this research suggested to learn kindergarten sudent teaching not to apply applying of autoritary discipline and teacher earns more patiently in facing behavior of kindergarten students.
ANALISIS PERILAKU “STRIVING FOR SUPERIORITY” PADA SISWA YANG TIDAK LULUS UJIAN NASIONAL Sujoko, Sujoko; Yuniati, Rosita
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Striving for superiority adalah suatu bentuk usaha yang digunakan untuk mengatasi perasaan rendah diri pada diri seseorang yang selanjutnya akan menghasilkan perasaan aman dan nyaman tanpa kekhawatiran dan kecemasan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep striving for superiority pada siswa yang tidak lulus ujian dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi striving for superiority tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan eksploratif maka analisis data yang digunakan adalah analisis data induktif deskriptif. Adapau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara langsung. Berdasarkan hasil wawancara maka dapat disimpulkan bahwa striving for superiority yang dilakukan oleh siswa yang tidak lulus ujian nasional lebih mengarah kepada strategi koping. Adapun strategi koping yang dilakukan oleh siswa yang tidak lulus ujian nasional tersebut dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:  emotion focused copying dan problem focused copying. Ada 2 (dua) faktor yang mempengaruhi strategi koping ini, yaitu; 1) faktor internal; keinginan dari dalam diri sendiri, 2) faktor eksternal; dorongan yang didapatkan dari lingkungan sekitar subjek; teman, guru, orang tua dan masyarakat yang ada disekitar subjek.Striving for superiority is an effort to cope with someone’s low self-reliance. This effort will then deliver safe and pleasant feeling for the person without feeling anxious and worry. This research is aimed to analyze striving for superiority concept of the students who didn’t pass the National Examination and also to find the factors affecting the concept.  This is a qualitative research using explorative approach, so, inductive descriptive analysis is applied for analyzing the data. Meanwhile, the method applied in this research is direct interview. The interview conducted by the researcher found that striving for superiority done by the student who didn’t pass the National Examination tended to use copying strategy. Furthermore, there are two kinds of copying strategy used by the student who didn’t pass the National Examination:  emotion focused copying and problem focused copying. The researcher then found that there are two factors affecting the strategy: 1) internal factor; self desire and 2) external factor; motivation from the environment; friends, teacher, parent, and society.

Page 1 of 55 | Total Record : 542