Journal of Teaching and Learning Physics
Vol 4, No 2 (2019): Journal of Teaching and Learning Physics (Agustus 2019)

Profil Tingkat Pemahaman Konsep Fisika Gerak Lurus Dengan Model Conceptual Understanding procedures

Maruf Maruf (Universitas Muhammadiyah Makassar)
R A Lestari (Universitas Muhammadiyah Makasar)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian true experimental design yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika gerak lurus dengan menggunakan model conceptual understanding procedural. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Muhammadiyah Limbung  yang berjumlah 60 orang yang terbagi dalam 2 kelas yaitu X MIA 1 dan X MIA 2.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 35 nomor yang memenuhi kriteria valid. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa profil tingkat kemampuan pemahaman konsep fisika gerak lurus peserta didik yang diajar dengan menggunakan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan menggunakan metode eksperimen berada pada kategori sedang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...