Jurnal Ners Widya Nusantara Palu (Ners Journal of Widya Nusantara Palu)
Vol 2, No 2 (2017)

Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSU Anutapura Palu

Afrina Januarista (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2019

Abstract

Keberhasilan suatu rumah sakit dalam menjalankan fungsinya ditandai dengan adanya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Mutu rumah sakit sangat dipengaruhi oleh kepuasan, pelayanan administrasi, waktu tunggu, sarana, prasarana, dan tenaga kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSU Anutapura Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Berdasarkan rumus estimasi purposive sampling didapatkan 79 responden dengan kriteria inkulsi pasien yang sadar, keluarga pasien, pasien yang bisa membaca dan menulis, pasien yang tidak memiliki gangguan penglihatan, pasien atau keluarga bersedia diteliti, keluarga pasien yang menemani pasien dari masuk sampai klien dilakukan tindakan, keluarga yang melakukan proses pendaftaran pasien. Penelitian dilakukan di IGD Anutapura Palu pada tanggal 26 mei 2017 – 06 Juni 2017, analisis data menggunakan chi – square dengan nilai kemaknaan < 0.05 dan uji fisher dilakukan untuk tabel 2x2 dengan nilai expected kurang dari 5 lebih dari 20%. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara pelayanan administrasi dan waktu tunggu dengan kepuasan (p – value = 0.000, dan p – value 0.002), tidak ada hubungan antara sarana, prasarana dan tenaga kesehatan dengan kepuasan (p – value = 0.936, p – value = 0.634, p – value = 0.936), Kesimpulan faktor pelayanan administrasi dan waktu tunggu berhubungan dengan kepuasan, namun faktor sarana, prasarana dan tenaga kesehatan tidak berhubungan terhadap kepuasan. Oleh karena itu diharapakan untuk pihak rumah sakit lebih mengoptimalkan pelayanan kesehatan di ruang Instalasi Gawat Darurat dengan mengsosialisasikan triage kepada pasien yang masuk sehingga pelayanan kesehatan berjalan dengan baik. Kata Kunci : kepuasan, pelayanan administrasi, prasarana, sarana, tenaga kesehatan, waktu tunggu

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JNWNP

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Ners Widya Nusantara Palu merupakan jurnal ilmiah Program Studi Ners STIKES Widya Nusantara Palu yang menitikberatkan pada penyampaian informasi hasil penelitian ilmiah di idang keperawatan maupun kesehatan terkait yang dilakukan oleh para sivitas akademika internal dan eksternal. ...