EDUKASIA
Vol 13, No 2 (2018): EDUKASIA

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN KEBANGSAAN DAN EKONOMI UMMAT DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MATARAM

Sulhan, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2019

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilandasi pada kebijakan Kementerian Agama RI bahwa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tak terkecuali UIN Mataram harus mampu menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi dalam tataran yang lebih esensil dan substantif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan Kebangsaan dan Ekonomi Ummat di UIN Mataram; untuk mengetahui bagaimana kelayakan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan Kebangsaan dan Ekonomi Ummat yang digunakan di UIN Mataram; dan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan Kebangsaan dan Ekonomi Ummat di UIN Mataram. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Borg & Gall adalah suatu proses yang dipakai untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan; yaitu suatu model pengembangan berbasis industri, yang temuan-temuannya dipakai untuk mendesain produk dan prosedur, yang kemudian secara sistematis dilakukan uji lapangan, dievaluasi, disempurnakan untuk memenuhi kriteria keefektifan, kualitas, dan standar tertentu. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan Kebangsaan dan Ekonomi Ummat di UIN Mataram sebagai komitmen konstitusional dalam UUD 1945 Bab XIII Pasal 31. Pada butir (3) menunjukkan bahwa Pemerintah mengamanatkan pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; dan butir (5), bahwa Pendidikan Agama Islam hendaknya memiliki wawasan kebangsaan dan kesejahteraan ekonomi umat manusia; Kelayakan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan Kebangsaan dan Ekonomi Ummat di UIN Mataram, mengacu model Borg & Gall; Kelayakan model ini karena menggunakan pendekatan sistem dengan langkah-langkah yang lengkap, sehingga dapat digunakan untuk merancang buku ajar yang sifatnya lebih memperlihatkan prosedur dalam kegiatan pembelajaran, dimana setiap langkah dalam model ini menunjukkan hubungan yang jelas dan tidak terputus antara langkah satu dengan lainnya, atau sistem dalam model ini sangat ringkas, namun isinya padat dan jelas dari satu urutan keurutan berikutnya; dan dalam mengidentifikasi tujuan pengajaran dalam model ini sangat sesuai dengan kurikulum pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri; Implementasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan Kebangsaan dan Ekonomi Ummat di UIN Mataram mengacu pada penyempurnaan mulai dari draf I uji ahli isi, buku ajar memperoleh nilai 92,43 % (Sangat Baik), draf II uji ahli rancangan buku ajar memperoleh nilai 91,66% (Sangat Baik), dan ahli rancangan pembelajaran nilai 90 % (Sangat Baik), draf III uji coba kelompok kecil terhadap buku ajar nilai 83,66 % (Baik), draf IV uji lapangan terhadap buku ajar nilai 83,19 % (Baik). Implementasinya secara konsisten dengan mencermati hasil-hasil penilaian yang diberikan baik oleh ahli isi dan ahli desain buku ajar, serta uji coba lapangan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Edukasia

Publisher

Subject

Education

Description

Articles to be received and published in the Journal of EDUKASIA are included in the scope of Islamic ...