Suska Journal of Mathematics Education
Vol 5, No 1 (2019)

Analisis Kemampuan Koneksi Matematik ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus

Putri Chania Sari (IKIP Siliwangi)
Dea Siti Mutmainah (Unknown)
Wahyu Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Kemampuan Koneksi Matematik (KKM) di tinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM) dan menelaah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tes KKM. Subjek penelitian ini siswa SMP Angkasa Lanud Sulaiman kelas VIII C sebanyak 25 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun instrumen penelitian ini berupa instrume tes yang terdiri dari 5 soal uraian kemampuan koneksi matematik. Hasil analisis data menunjukan bahwa KKM siswa sesuai dengan tingkat kemampuan awal matematikanya, yaitu siswa yang berada di kelompok atas memiliki KKM 69%, siswa kelompok menengah sebesar 58% dan kelompok bawah sebesar 45%. Sedangkan kemampuan koneksi matematik dinyatakan tinggi jika persentase minmal adalah 75%, sehingga kemampuan koneksi matematik siswa dari ketiga kelompok KAM masih tergolong rendah. Kemudian siswa memperoleh persentase skor tinggi pada indikator soal no 1, yaitu memahami hubungan antar topik matematika dan persentase rendah pada indikator no 2, yaitu mengenali representasi ekuivalen dari konsep yang sama. Sedangkan untuk KAM bawah skor terendah terdapat pada soal indikator no 2 dan no 5.

Copyrights © 2019