Journal of RESIDU
Vol 3 No 21, Septem (2019): Journal of RESIDU, ISSN PRINT: 2598-814X ISSN ONLINE: 2598-8131

KEMAMPUAN STRATEGIS MATEMATIS SISWA KEPRIBADIAN TIPE THINKING MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI SMA

Filahanasari, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2019

Abstract

Penyelesaian masalah merupakan kemampuan yang seharusnya dikuasai siswa setelah memngikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Kemampuan strategis matematis ini memiliki peranan yang dominan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Kemampuan ini mendorong siswa mampu memformulasikan masalah, memilih informasi yang relevan dan mempresentasikan masalah tersebut sehingga dapat memecahkan masalah matematika tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuanstrategis matematis siswa tipe kepribadian thinking dan jenis-jenis kesalahan yang  dialaminyadalam menyelesaikan soal program linear. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-7 SMAN 5 Kota Jambi yang mempunyai kepribadian thinnking. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, tes kepribadian,  lembar tes soal matematika, dan  wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan strategis matematis siswa thinking memenuhi keenam indikator kemampuan tersebut yaitu mampu memahami situasi serta kondisi dari suatu permasalahan, menemukan kata kunci serta mengabaikan hal-hal yang tidak relevan, menyajikan masalah secara matematik, memilih penyajian yang cocok, memilih metode penyelesaian yang efektif,dan menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan. Dimana hasil perolehan subjek St2 memenuhi keenam indikator kemampuan strategis matematis. Sedangkan subjek St1 dan St2 hanya memenuhi lima indikatornya, indikator yang tidak dipenuhinya yaitu menyajikan masalah secara matematis berdasarkan tes tertulis yang diberikan, namun ketika diwawancarainya kedua subjek mampu menyebutkan penyajian masalah secara matematik pada soal yang diberikan. Hal ini menunjukkan bahwa subjek tidak memahami konsep program linear yang telah dipelajarinya dikarenakan kurang berlatih mengerjakan ulang soal soal yang berkaitan dirumah, subjek juga terlihat tidak menguasai materi prasyarat dalam masalah program linear. Adapun jenis-jenis kesalahan yang dialami oleh subjek penelitian dalam menyelesaikan soal program linear adalah ketidakcermatan dalam berfikir yang dilakukannya berupa kesalahan menuliskan simbol simbol matematika serta tidak secara berurutan menentukan prosedur yang tepat, kelemahan dalam menganalisis masalah yaitu tidak menggunakan bagian-bagian yang diperolehnya secara keseluruhan perhitungan menyelesaikan masalah yang diberikan dan kekuranggigihan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

education

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of RESIDU is an open access published by RC-INSTITUT. The main objective of Journal of RESIDU is to provide a platform for the international scholars, academicians and researchers to share the contemporary thoughts in the fields of ...