AbstrakArtikel ini merupakan kajian tentang substansi materi pendidikan Islam. Dilihat dari aspek ontologinya, tampak dengan jelas garis pembeda sekaligus penggambaran karakteristik pendidikan Islam yang membedakannya dengan substansi pendidikan pada umumnya. Dasar kajian bertitik tolak dari pandangan filosofis tentang hakikat realitas dari segala yang ada dan tidak terpisahkan dengan kaedah religius yang sumbernya dari Al-Qur’an sebagai firman Tuhan Yang Maha Kuasa, di dalamnya berisi kebenaran yang tidak diragukan. Pembeda yang tegas dan mutlak terletak pada aspek teosentris dan humanistiknya. Beradasarkan atas pandangan kesatuan wujud, maka segalah yang ada merupakan satu kesatuan konsistensi struktural yang utuh, sehingga ilmu-ilmu kealaman, humaniora/sosial, dan ilmu-ilmu keagamaan berasal dari sumber rujukan yang sama, yakni Allah Swt. Pemahaman yang bercorak teosentris seperti ini, berimplikasi secara mendasar dalam rumusan konsep dan pendekatan pendidikan Islam yang berorientasi humanistik.
Copyrights © 2019