Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 3 No 2 (2019): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning berbasis GRANDER di Sekolah Dasar

Irmawati M (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rukli Rukli (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Baharullah Baharullah (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2019

Abstract

Perangkat pembelajaran sangat penting digunakan dalam proses pembelajaran karena sangat menentukan tujuan yang akan dicapai. Adapun hasil observasi awal yang dilakukan disalah satu sekolah yang ada di Makassar menunjukkan bahwa hasil belajar murid belum mencapai ketuntasan klasikal, aktivitas murid sangat kurang dan murid tidak mengetahui konsep dari materi yang diajarkan sehingga dibutuhkan suatu perangkat pembelajaran yang bisa melibatkan murid dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas perangkat pembelajaran matematika menggunakan metode discovery learning berbasis GRANDER pada murid kelas VI SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D. Subjek penelitian adalah adalah murid kelas VI A SD Inpres Minasa Upa yang terdiri dari 22 murid sebagai sekolah simulasi, murid kelas VI B SD Inpres Karunrung yang terdiri dari 24 murid dan murid kelas VI A SD Negeri Minasa Upa 1 Kota Makassar yang terdiri dari 24 murid sebagai sekolah uji coba perangkat. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket respon murid, lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, instrumen penilaian hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas murid dan lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis GRANDER dinyatakan valid dan reliabel. Perangkat pembelajaran berbasis GRANDER dinyatakan praktis karena dua indikator tercapai yaitu respon murid dan keterlaksanaan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran berbasis GRANDER dinyatakan efektif karena tiga indikator tercapai yaitu hasil belajar, aktivitas murid dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...