Media Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2015)

PENGEMBANGAN MODEL SOFT SKILLS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK NEGERI 3 KOTA BIMA

Fitrianingsih, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan cara pengembangan soft skills di SMK Negeri 3 Kota Bima, (2)  menghasilkan model soft skills yang dapat digunakan melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 3 Kota Bima, (3) menghasilkan model soft skills yang efektif menanamkan soft skills bagi siswa. Dalam merancang model soft skills ini, peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall,Produk pengembangan yang dihasilkan adalah Model Soft skills EDYS (Education Development for Young Soft skills) beserta buku panduan model, modul-modul soft skills, dan perangkat evaluasi. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kota Bima. Siswa kelas X (Sepuluh) dijadikan subjek uji coba dalam penelitian ini yakni 4 orang siswa pada ujicoba one to one, 10 orang siswa pada ujicoba kelompok kecil serta 20 orang siswa pada ujicoba lapangan, 1 orang guru dan 2 orang pengamat. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi,  dan angket atau kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh adalah model soft skills EDYS (Education Development for Young Soft skills) ini telah memenuhi syarat kevalidan, praktis dan efektif. (1) valid berdasarkan penilaian validator,(2) praktis, karena seluruh aspek sintaks dan pembelajaran terpenuhi, (3) efektif karena mendapat respon positif dari siswa dan meningkatkan soft skills siswa. Saran dari penelitian ini adalah (1) peneliti selanjutnya dapat melanjutkan hingga tahap diseminasi; (2) masih perlu di sempurnakan agar lebih efektif, (3) di manfaatkan dengan baik agar dapat membantu meningkatkan soft skills siswa di sekolah.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

MPM focuses on publishing articles related to research results as well as the results of literature studies on mathematics education. This type of research can be in the form of classroom action research, experiments, qualitative research or other research. The results of the study can be the ...