Media Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2018)

PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII MTS. QUR’ANIYAH PADA MATERI PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN FRAMEWORK ELPSA

Juliangkary, Eliska (Unknown)
Zulkifli, Zulkifli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini  adala,h untuk mengetahui pemahaman konsep materi pecahan pada siswa kelas VII MTs. Qur?aniyah. Penelitianini berlokasi di MTs. Qur?aniyah Batukuta Narmada Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survey kepada 20 siswa denga rincian 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian inimerupakan studi pendahuluan untuk melihat profil pemahaman konsep siswa selanjutnya digunakan sebagai analisis didaktik. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak empat soal.  Persentase pencapaian pemahaman konsep siswa untuk  indikator pertama yaitu menyatakan ulang sebuah konsep adalah 76,875%  indikator  kedua   yaitu  Menyatakan  konsep   dalam  berbagai  bentuk  representasi matematika adalah  76,25%,  dan  indikator  ke  tiga  yaitu  mengklasifikasi objek  menurut  sifat tertentu sesuai dengan konsepnya adalah 77,5%. Sehingga mendapatkan persentase pencapaian rata-rata pemahaman konsep siswa adalah 76,875% dan berkategori Tinggi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

MPM focuses on publishing articles related to research results as well as the results of literature studies on mathematics education. This type of research can be in the form of classroom action research, experiments, qualitative research or other research. The results of the study can be the ...