Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 1, No 2 (2017)

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA KARTU SOAL

Anwar Barutu (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu)
Dewi Rahimah (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu)
Dewi Herawaty (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media kartu soal untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII 5 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan kartu soal, menggunakan alat peraga, membimbing siswa, mengumumkan nilai tes akhir. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dari siklus I sampai siklus III yaitu: 67,76; 75; 83,24 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 37,14%; 57,14%; 82,85%

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...