Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Pada sebuah perusahaan distributor bearing dan sealdi mana perusahaan tidak mencapai target penjualan terakhir untuk 1 (tahun) terakhir pada tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan, menggunakan Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan Matrix Evaluasi Eksternal (EFE) pada tahap input. Skor IFE diperoleh untuk 3,02 dan EFE 2,70. kemudian dilanjutkan dengan tahapmatching menggunakan Matrix Strength-Weakness-opportunities-threat (SWOT). Strategi yang diusulkan adalah: (a) Meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan, (b) Menambahkan karyawan untuk memperluas jaringan pemasaran, (c) Jumlah varian bantalan dan seal dapat menjadi peluang yang baik untuk menarik konsumen baru, (d) Memperbaiki proses pembayaran agar tidak mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan.
Copyrights © 2018