Jurnal Industri Kreatif (JIK)
Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Industri Kreatif (JIK)

Analisa Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks IEF dan EFE (Studi Kasus PT. Kian Ho Indonesia)

Alamsyah, Nanang ( STT Ibnu Sina)
Lubis, Arina Luthfini ( STT Ibnu Sina)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Pada sebuah perusahaan distributor bearing dan sealdi mana perusahaan tidak mencapai target penjualan terakhir untuk 1 (tahun) terakhir pada tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan, menggunakan Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan Matrix Evaluasi Eksternal (EFE) pada tahap input. Skor IFE diperoleh untuk 3,02 dan EFE 2,70. kemudian dilanjutkan dengan tahapmatching menggunakan Matrix Strength-Weakness-opportunities-threat (SWOT). Strategi yang diusulkan adalah: (a) Meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan, (b) Menambahkan karyawan untuk memperluas jaringan pemasaran, (c) Jumlah varian bantalan dan seal dapat menjadi peluang yang baik untuk menarik konsumen baru, (d) Memperbaiki proses pembayaran agar tidak mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Industri Kreatif (JIK) yang memiliki E-ISSN 2597-8950 merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina Batam untuk pengembangan Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina Batam, dan sebagai ...