Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019

UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X 4SMANEGERI 1 SUNGAI TARAB MELALUI METODEDISKUSI KELOMPOK DISERTAI LDS

Zelfia Zelfia (Guru SMA Negeri 1 Sungai Tarab)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2019

Abstract

Permasalahan yang penulis hadapi sebagai guru Biologi di SMA Negeri 1  Sungai Tarab adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar biologi. Cara yang diperkirakan dapat membantu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran adalah dengan melalui metode diskusi kelompok yang disertai dengan LDS. Dengan adanya metode diskusi dengan memberikan LDS kepada siswa diharapkan akan membuat semua siswa berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Oleh karena itu penulis perlu melaksanakan suatu penelitian tindakan kelas dengan judul “Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri1Sungai Tarab Melalui Metode Diskusi Kelompok disertai LDS”.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap penerapan metode diskusi kelompok yang disertai dengan LDS?Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa  dapat ditingkatkan melalui pemberian kuis, hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa yang berpartisipasi aktif menjawab soal siklus I  34 % , siklus II 48,3 %, aktif mengajukan pertanyaan siklus I 22,25%, pada siklus II 32,2 %, siswa yang aktif mendengarkan uraian siklus I  48,3 %, siklus II 54,3 %, siswa yang mengemukakan pendapat siklus I 32,2 %, siklus II 43,5 %, dan siswa yang mengerjakan soal kuis siklus I 41,9 %, siklus II 54,3 %. Berdasarkan data yang diperoleh selama pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pemberian kuis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil berlajar  siswa.Kata Kunci: Aktivitas belajar, metode diskusi, LDS

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasipendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, ...