Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X6 SMAN 1 SUNGAI TARAB

Enamita Enamita (SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Kab. Tanah Datar)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2019

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti khususnya dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar, terdapat beberapa fakta yang tidak memuaskan dalam pembelajaran berupa rendahnya hasil belajar yang disebabkan oleh aktifitas belajar peserta didik yang rendah dimana sebahagian besar peserta didik malasmembaca buku dan dalam pembelajaran banyak pasif serta tidak mau bertanya ataupun menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru apalagi memberikan gagasanatau ide dalam proses pembelajaran, untuk itu perlu dilakukan perbaikan dalam pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Setelah dilakukan penelitian selama dua siklus, ternyata peneliti berhasil meningkatkan kemampuan belajar geografi siswa kelas X ,dan berdasarkan perhitungan akhir penilaian selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran melalui penggunaan media visual dua dimensi, diperoleh berupa peningkatan indikator aktifitas belajar dan peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus satu yaitu 36,11%   menjadi 83,33%   pada siklus dua. Angka ini dapat memberikan gambaran bahwa penyajian media visual mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didikKata kunci : Media Visual, aktivitas

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasipendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, ...