Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI DI KELAS XI IPA3 SMAN 1 SUNGAI TARAB

Herawati, Netti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2019

Abstract

Aktivitas belajar siswa rendah dalam bertanya, menjawab dan mengerjakan latihan dan PR sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Metode guru dalam mengajar tidak bervariasi (monoton) sehingga siswa menjadi bosan dan malas belajar matematika. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAIPenelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan dua siklus, sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Sungai Tarab yang berjumlah 26 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dalam bentuk lembaran observasi aktivitas siswa, kuesioner dan tes hasil belajar.Aktivitas siswa mengalami peningkatan ke arah yang baik, nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus 1 adalah 70,5 yang tuntas 11 orang atau 42 % sedangkan pada  siklus 2 meningkat menjadi 77,7 yang tuntas 18 orang atau 69 %. Berdasarkan  hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMAN  1 Sungai tarab.Hasil angket memperlihatkan banyak mamfaat dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yaitu siswa menjadi lebih senang, aktif dan lebih berhasil dalam belajar matematika.Kata kunci : Aktivitas, Kooperatif, Matematika, Hasil Belajar, TAI

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasipendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, ...