Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE BERMAIN PADA KELAS X MIPA 3 SMAN 1 PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Elmiyanti Elmiyanti (Guru SMA N 1 Pulau Punjung)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2019

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi lompat jauh di SMAN1 Pulau Punjung  Kabupaten Dharmasraya dengan subjek penelitian siswa kelas X MIPA 3 dengan jumlah siswa 24 orang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui lembar observasi dianalisis secara kuatitatif dandianalisis menggunakan sistem penskoran skala Likert.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan melalui hal-hal sebagai berikut peningkatan rata-rata nilai keterampilan siswa 9,10. Dengan demikian pembelajaran lompat jauh melalui metode bermain dapat meningkatkan Hasil belajar keterampilan siswa dikelas X MIPA 3 SMAN 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.Kata Kunci   :Hasil Belajar  keterampilan Siswa, Lompat Jauh dan Metode Bermain

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasipendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, ...