Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah melalui modifikasi bola karet pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telukjambe Timur. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Telukjambe Timur dengan mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII B dan VII E berjumlah 78 responden yang masing-masing kelas berjumlah 39 responden dari 520 peserta didik kelas VII. Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini, yaitu: pre-test, treatment atau perlakuan dan post-test. Pre-test dilakukan di kedua kelas untuk mengetahui hasil belajar passing bawah siswa sebelum mendapatkan perlakuan. Setelah dilakukan pre-test, peneliti memberikan perlakuan yaitu dengan memberikan pembelajaran passing bawah bola voli di kelas eksperimen dengan menggunakan modifikasi bola karet, sedangkan di kelas kontrol peneliti menggunakan bola voli biasa. Setelah diberikan perlakuan, selanjutnya peneliti melakukan post-test dikedua kelas untuk mengetahui adakah peningkatan dengan menggunakan modifikasi bola karet di kelas eksperimen. Penelitian diolah menggunakan rumus T-test dan dibandingkan dengan T-tabel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa modifikasi bola karet terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telukjambe Timur dengan hasil perhitungan T-test sebesar 2,694 dan dibandingkan dengan T-tabel 2,000.
Copyrights © 2018