LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 5, No 2 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education

DESAIN BAHAN AJAR BANGUN DATAR SEGIEMPAT BERBASIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Prayogi, Agus Hendri (Unknown)
Praja, Ena Suhena (Unknown)
Raharjo, Jajo Firman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan learning obstacle siswa terkait kemampuan komunikasi matematis dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan bangun datar segiempat kelas VII SMP, mendesaian bahan ajar berbasis komunikasi matematis siswa dengan model discovery learning pada materi bangun datar segiempat yang valid, dan untuk mengetahui apakah masih terdapat learning obstacle siswa setelah implementasi bahan ajar yang dibuat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif, metode kualitatif untuk menganalisis learning obstacle, dan bahan ajar. Sedangkan metode kuantitatif untuk mengetahui keseragaman pendapat (uji Q-Cochran). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji instrumen. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII SMPN 2 Jamblang untuk implementasi bahan ajar dan 24 siswa kelas VIII SMPN 2 Jamblang untuk identifikasi learning obstacle dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan berupa desain didaktis (Didactical Design Research). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 16 learning obstacle siswa terkait materi bangun datar segiempat yang telah ditemukan. Validasi terhadap bahan ajar modul yang dibuat dilakukan oleh lima validator yaitu tiga dosen FKIP Unswagati dan dua guru Matematika SMPN 2 Jamblang. Berdasarkan hasil validasi tersebut disimpulkan bahwa validasi gabungan untuk bahan ajar siswa sebesar 90,75% dengan interpretasi sangat valid, sedangkan untuk pedoman guru diperoleh sebesar 92,33% dengan interpretasi sangat valid artinya bahan ajar untuk siswa dan pedoman guru layak yang dibuat digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk implementasi bahan ajar yang dilakukan pada siswa kelas VII J SMPN 2 Jamblang, diperoleh kesimpulan bahwa dengan digunakannya bahan ajar bangun datar segiempat beberapa learning obstacle awal dapat teratasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...