Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 6, No 3 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIE SMP NEGERI 1 KABAWO

Nurzayana Nurzayana (Halu Oleo University)
Hafiludin Samparadja (Unknown)
Kadir Tiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Kabawo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Kabawo yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diambil dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes siklus. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal ke siklus I ke siklus II maupun ke siklus III. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes awal, siswa yang memperoleh nilai minimal 71 sebanyak 40% meningkat siklus I menjadi 64% siswa yang mencapai KKM, pada siklus II meningkat pula menjadi 76% dan pada siklus IIIĀ  mengalami peningkatan lagi sebanyak 92% siswa telah mencapai standar KKM.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...