Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 7, No 3 (2019)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 KENDARI

Febriyanti Tahir (Halu Oleo University)
Kodirun Kodirun (Unknown)
Rahmad Prajono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Projectterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kendari tahun pelajaran 2018/2019. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VII7­ sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan kelas VII8 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di kelas VII SMP Negeri 1 Kendari.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...