Abstrak : Penelitian ini melibatkan tiga variabel, yakni variabel bebas pemberian motivasi kepala sekolah (X1) dengan dimensi variabel yang meliputi kemampuan profesional, kesejahteraan guru, budaya mengajar, dan variabel kompetensi guru (X2) seperti : bertanggung jawab, disiplin bekerja keras serta variabel terikat yaitu kinerja guru (Y). Penelitian ini dilakukan atas dasar metode korelasional untuk mengukur pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lain.Analisis hasil penelitian menerapkan tingkat regresi dan korelasi secara parsial. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan serta persyaratan tentang skala pengukuran yang sekurang-kurangnya interval dapat dipenuhi. Disamping itu, data hasil penelitian diuji syarat normalitas, karena data yang diambil benar berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antar variabel. Hal ini terlihat dari : (1) Pemberian motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru diperoleh koefisien korelasi ry 1.23 = 0,2441 atau r ≥ 0,20. Angka ini menunjukkan bahwa pemberian motivasi kepala sekolah (X1) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y). (2) Pengaruh kompetensi mengajar guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) diperoleh korelasi ry2 = 0,2010 atau r ≥ 0,20. Angka ini menunjukkan bahwa kompetensi mengajar guru berpengaruh terhadap kinerja guru, (3) Pengaruh Pemberian motivasi kepala sekolah (X1) dan kompetensi mengajar guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) yang diperoleh koefisien korelasi ry3 = 0,2106 atau r ≥ 0,20. Angka ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemberian motivasi kepala sekolah dan kompetensi mengajar guru terhadap kinerja guru.Kesimpulan dari penelitian ini dengan variabel pemberian motivasi kepala sekolah (X1) dan kemampuan guru (X2) terhadap variabel kinerja guru (Y) dari hasil analisis yakni uji ANOVA atau F test di dapat F hitung sebesar 6,508 dimana febih besar dari F tabel sebesar 2.834 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan pemberian motivasi kepala sekolah X1, dan kompetensi mengajar guru X2 secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Kecamatan Sawangan Kota Depok.Mengingat pemberian motivasi kepala sekolah dan kemampuan guru cukup berpengaruh terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Kecamatan Sawangan Kota Depok, disarankan kepada kepala sekolah untuk membuat program peningkatan etos kerja guru untuk meningkatkan kinerja guru melalui kepemimpinan yang efisien. Kata Kunci : Motivasi, Kompetensi Guru, Kinerja Guru
Copyrights © 2018