Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 2, No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENGARUH MOTIVASI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SAWANGAN KOTA DEPOK

Rudi Ritonga (Universitas Trilogi)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2018

Abstract

Abstrak : Penelitian ini melibatkan tiga variabel, yakni variabel bebas pemberian motivasi kepala sekolah (X1) dengan dimensi variabel yang meliputi kemampuan profesional, kesejahteraan guru, budaya mengajar, dan variabel kompetensi guru (X2) seperti : bertanggung jawab, disiplin bekerja keras serta variabel terikat yaitu kinerja guru  (Y). Penelitian ini dilakukan atas dasar metode korelasional untuk mengukur pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lain.Analisis hasil penelitian menerapkan tingkat regresi dan korelasi secara parsial. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan serta persyaratan tentang skala pengukuran yang sekurang-kurangnya interval dapat dipenuhi. Disamping itu, data hasil penelitian diuji syarat normalitas, karena data yang diambil benar berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antar variabel. Hal ini terlihat dari : (1) Pemberian motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru diperoleh koefisien korelasi ry 1.23 = 0,2441 atau r ≥ 0,20. Angka ini menunjukkan bahwa pemberian motivasi kepala sekolah (X1) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y). (2) Pengaruh kompetensi mengajar guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) diperoleh korelasi ry2 = 0,2010 atau r ≥  0,20. Angka ini menunjukkan bahwa kompetensi mengajar guru  berpengaruh terhadap kinerja guru, (3) Pengaruh Pemberian motivasi kepala sekolah (X1) dan kompetensi mengajar guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) yang diperoleh koefisien korelasi ry3 = 0,2106 atau r ≥ 0,20. Angka ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemberian motivasi kepala sekolah dan kompetensi mengajar guru terhadap kinerja guru.Kesimpulan dari penelitian ini dengan variabel pemberian motivasi kepala sekolah (X1) dan kemampuan guru (X2) terhadap variabel kinerja guru (Y) dari hasil analisis yakni uji ANOVA atau F test di dapat F hitung sebesar 6,508 dimana febih besar dari F tabel sebesar 2.834 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan pemberian motivasi kepala sekolah X1, dan kompetensi mengajar guru X2 secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Kecamatan Sawangan Kota Depok.Mengingat pemberian motivasi kepala sekolah dan kemampuan guru cukup berpengaruh terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Kecamatan Sawangan Kota Depok, disarankan kepada kepala sekolah untuk membuat program peningkatan etos kerja guru untuk meningkatkan kinerja guru melalui kepemimpinan yang efisien. Kata Kunci : Motivasi, Kompetensi Guru, Kinerja Guru

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPGSD

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar is published twice a year in February and August containing the writings of conceptual ideas, studies and application of theory, the writings of practitioners and the results of research and teaching in the field of elementary school. ...