Abstrak : Penelitiann ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bahan ajar komik IPA di kelas V SDN Ponowareng 01 pada mata pelajaran IPA. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Ponowareng 01. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen berbentuk quasi experimental design. Desain metode penelitian ini berbentuk nonequivalent control group design . Hasil analisis secara statistik dengan uji-t yang dihitung dengan menggunakan program SPSS versi 16, diperoleh hasil t hitung > t tabel yaitu nilai t hitung =2,847 dan nilai t tabel =2,079, maka 2,847 >2,079. Nilai signifikansi bernilai < 0,05 yaitu sebesar 0,007. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar IPA siswa antara kelompok yang menerapkan model pembelajaran berbantuan komik IPA dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional ( menggunakan buku BSE ). Sehingga bahan ajar komik dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2018