Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self regulated learning siswa imigran di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB). Berdasarkan observasi yang dilakukan di SIB menemukan bahwa terdapat perbedaan antara sikap serta tingkah laku siswa Indonesia yang bersekolah di Indonesia dan siswa siswa Indonesia yang bersekolah di luar negeri. Perbedaan lingkungan tentunya juga berdampak pada perbedaan sistem pendidikannya. Sistem Pendidikan yang diterapkan secara tidak langsung akan berdampak pada sikap serta kebiasaan siswa. Sikap serta kebiasaan belajar cenderung berkaitan dengan self regulated learning. Self regulated learning merupakan kemampuan mengatur sikap dan tingkah laku yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pada dirinya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa SRL siswa imigran di SIB cenderung baik dan hal tersebut dipengaruhi oleh metakognisi, motivasi dan perilaku.Kata Kunci : Self regulated learning, siswa imigran, sekolah dasar
Copyrights © 2019