Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA IMIGRAN DI SEKOLAH INDONESIA BANGKOK

Dian Fitri Nur Aini (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2019

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self regulated learning siswa imigran di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB). Berdasarkan observasi yang dilakukan di SIB menemukan bahwa terdapat perbedaan antara sikap serta tingkah laku siswa Indonesia yang bersekolah di Indonesia dan siswa siswa Indonesia yang bersekolah di luar negeri. Perbedaan lingkungan tentunya juga berdampak pada perbedaan sistem pendidikannya. Sistem Pendidikan yang diterapkan secara tidak langsung akan berdampak pada sikap serta kebiasaan siswa. Sikap serta kebiasaan belajar cenderung berkaitan dengan self regulated learning. Self regulated learning merupakan kemampuan mengatur sikap dan tingkah laku yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pada dirinya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa SRL siswa imigran di SIB cenderung baik dan hal tersebut dipengaruhi oleh metakognisi, motivasi dan perilaku.Kata Kunci : Self regulated learning, siswa imigran, sekolah dasar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPGSD

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar is published twice a year in February and August containing the writings of conceptual ideas, studies and application of theory, the writings of practitioners and the results of research and teaching in the field of elementary school. ...