Cakrawala Indonesia
Vol 1 No 1 (2016): Mei

KEMAMPUAN MEMAHAMI WACANA EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANCA LAUTANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Hardianti Dian (Unknown)
Suhartini Khalik (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan memahamiwacanaeksposisi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan memahamiwacana eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang sebanyak 107 orang siswa. Sampelnya ditarik sebesar 25% dari total populasi sebanyak 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, tes, dan angket siswa. Data yang terkumpul melalui tes dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, sedang data yang diperoleh melalui angket dianalisis dengan teknik frekuensi persentase. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk teks yang di bagikan pada siswa yang berisi soal esai sebanyak sepuluh nomor. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dari 27 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang yang menjadi sampel penelitian, sebanyak 24 orang atau sebesar 88,9 % yang memperoleh nilai 65 ke atas dan sebanyak 3 orang atau 11,1% yang memperoleh nilai kurang dari 65.Dengan demikian, secara keseluruhan dapat dijelaskan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang mampu memahamiwacanaeksposisi karena sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam standar kompetensi yakni minimal 85% siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas dari skala 10-100. Hasil analisis angket menyimpulkan bahwa banyak faktor yang menunjang keberhasilan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang dalam memahami wacana eksposisi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...