Cakrawala Indonesia
Vol 2 No 1 (2017): Mei

PENGARUH METODE QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X1 IPA SMA NEGRI2 PANCARIJANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Ikhwal Ramadhan (STKIP Muhammadiyah Rappang)
Irmayanti Bambang (STKIP Muhammadiyah Rappang)
Nuraini Kasman (STKIP Muhammadiyah Rappang)



Article Info

Publish Date
02 May 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Quantum Writing terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang yang berjumlah 118 siswa yang tersebar dalam empat kelas, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan teknik statistik infrensial dalam bentuk t.tes. Berdasarkan hasil data menyatakan bahwa nilai empiris 4,90 lebih besar daripada nilai t.tabel pada taraf signifikansi 5% 2,048 yaitu dan pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,763. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) yang menyatakan: “Tidak ada pengaruh metode Quantum Writing terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang tahun pelajaran 2016/2017 ”, ditolak. Sedangkan hipotesis kerja (Hi) yang menyatakan: “Ada pengaruh metode Quantum Writing terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang tahun pelajaran 2016/2017 ”, diterima.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...