Jurnal Anggaran dan Keuangan Negara Indonesia (AKURASI)
Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Anggaran dan Keuangan Negara Indonesia (AKURASI)

TINJAUAN ATAS KINERJA REVIU APIP DALAM PENYUSUNAN RENCANA KERJA ANGGARAN K/L (Studi Kasus Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)

zaenuri imam satriyo (Directorate General of Budget)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK TINJAUAN ATAS KINERJA REVIU APIP DALAM PENYUSUNAN RENCANA KERJA ANGGARAN K/L (Studi Kasus Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian) Kualitas Kinerja Anggaran yang buruk masih menjadi pekerjaan rumah hampir di semua kementerian/lembaga, hal ini tercermin dari Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga yang terjadi dalam dekade terakhir. Dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, menteri/pimpinan lembaga, gubernur, dan bupati/walikota wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dengan harapan memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintah negara, keandalan laporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif untuk mengetahui pengaruh reviu APIP K/L atas Kinerja Anggaran K/L dengan mengukur beberapa variabel dalam aspek Implementasi pada Evaluasi Kinerja Anggaran, diantaranya yaitu: variabel Capaian Keluaran (Output) Program, variabel Penyerapan Anggaran, variabel efisiensi, dan variabel Konsistensi. Variabel-variabel yang dihitung tersebut diharapkan dapat menjelaskan apakah terdapat pengaruh Reviu APIP K/L pada peningkatan Kinerja Anggaran K/L. Hasil analisis menunjukkan adanya dampak positif yang ditimbulkan karena peran Reviu APIP K/L terhadap perencanaan anggaran dan penyusunan dokumen anggaran K/L. Hasil analisis yang mendukung kesimpulan penelitian ini ditunjukkan pada variabel Pencapaian Keluaran (Output), variabel Efisiensi, dan variabel Konsistensi era sesudah reviu APIP K/L lebih baik dibanding era sebelum APIP K/L melakukan reviu. Selanjutnya, agar diperoleh hasil penelitian yang lebih akurat, perlu dilakukan kajian yang lebih mendalam terutama dengan pendekatan teknis yang lebih baik, penggunaan data sampel lebih banyak, serta penggunaan metode inferensial yang diharapkan dapat lebih banyak memberikan alternatif analisis statistik. Kata Kunci: kinerja anggaran, pengendalian intern, capaian keluaran (output), reviu, konsistensi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

akurasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The more effective and efficient management of state finances is a demand in the life of the nation today. Budgeting and costing is one of the most important parts of managing state finances. As the implementation of upstream state financial management functions, the quality of budgeting largely ...