CEMARA
Vol 11 No 1 (2014): JURNAL PERTANIAN CEMARA (CENDEKIAWAN MADURA)

ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KACANG METE GORENG CENTRA MENTE MADURA DI SUMENEP

Zainudin Zainudin (Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja Sumenep)
Ika Fatmawati (Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja Sumenep)
Amir Hamzah (Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja Sumenep)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Dalam kondisi persaingan bisnis, sikap konsumen sangat berpengaruh terhadap suatu produk karena memiliki hubungan yang sangat signifikan terhadap keputusan pembelian suatu produk. Sikap konsumen juga mempengaruhi keputusan konsumen seperti harga, rasa, dan kemasan yang merupakan faktor pendorong dalam proses keputusan pembelian suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan dan pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian kacang mete goreng Centra Mente Madura di Sumenep. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan mengkonsumsi pruduk kacang mete goreng Centra Mente Madura di Sumenep. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel 40 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Korelasi Berganda dan Regresi Berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa sikap konsumen dari segi rasa, harga, dan kemasan memiliki hubungan yang kuat (74,7%) dalam mempengaruhi keputusan pembelian kacang mete goreng. Dari hasil ketiga variabel T1, T2, dan T3 secara simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) terhadap kacang mete goreng.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

FP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Pertanian Cemara (Cendekiawan Madura) terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan Nopember Berisi tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan aplikasi teori dalam bidang pertanian. ...