Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam
Vol 4 No 1 (2017): June 2017

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH (Studi di MAN 2 Serang )

Moch. Subekhan (Jurusan PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2018

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter merupakan tawaran yang positif dalam mengatasi krisis moral yangtengah melanda generasi muda khususnya kalangan pelajar. Generasi muda sekarangakan menjadi tumpuan harapan generasi tua sekarang yang masih mensisakan banyakpersoalan bangsa. Diantara persoalan bangsa yang melanda sekarang adalah masalahkorupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang merajalela, terjadinya konflik antarkomponen bangsa yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatnyakriminalitas dan etos kerja yang buruk lebih-lebih di kalangan aparatur negara. Olehkarena itu, tumpuan harapan masa depan bangsa ada di tangan kalangan muda sekarang.Kalangan muda harus betul-betul mendapatkan pendidikan yang memadai dan baikyang pada akhirnya akan menjadi pemuda yang berkarakter. salah satu yang bisadijadikan media alat transformasi dan penanaman nilai-nilai karakter adalah lembagapendidikan. Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di lembaga pendidikan merupakan suatukeharusan. Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesiamerupakan salah satu solusi cerdas dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter baik melalui kurikulum formal maupun non formal, karena sejak awal berdirinya Madrasah sudah menunjukkan ciri khasnya yang berbeda dari lembagapendidikan pada umumnya, dimana penanaman nilai karakter sudah terintegrasi dalammata pelajaran agama yang memiliki porsi cukup besar. Tujuan yang ingin didapatkan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakteryang terdapat di Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Serang Banten, Model pendidikankarakter di Madrasah Aliyah Negeri 2 Serang Banten, dan Bentuk-bentuk pendidikan karakter yang diterapkan di Madrasah Negeri 2 Serang Banten.Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, untukmengungkapkan dan memahami kenyataan-kenyataan yang terjadi mendalam yangberkenaan dengan fenomena di atas. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukanmelalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi literatur. Temuanpenelitian di lapangan bahwa Pendidikan Karakter terimplementasi melalui 2 bentukyaitu melalui kurikulum formal dan kurikulum non formal/ekstrakurikuler. Kurikulumformal bisa dilihat dari porsi pendidikan agamanya yang lebih banyak dibandingkandengan pendidikan umum yaitu mencakup Al-Qur'an-Hadits, Akidah-Akhlak, Fikih,dan Sejarah Kebudayaan Islam. Semuanya itu mengarahkan pada pencapaiankedalaman spiritual dan akhlakul karimah sebagai komponen dari dasar nilai-nilaipendidikan karakter. Pengambilan nilai-nilai karakter atau core character values darinilai-nilai moral, nilai-nilai etika, nilai-nilai budi pekerti dan agama. Implementasi pendidikan karakter yang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuleryaitu melalui Paduan Suara, Nasyid, Teater, Akustik, Marawis, Pencak Silat, Futsal,Basket, Taekwondo, Bulu Tangkis, Paskibra, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR),Karawitan, Angklung, Tenis Meja dan Jurnalistik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

geneologi

Publisher

Subject

Other

Description

Geneologi PAI, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Banten. ...