MABIS: Manajemen dan Bisnis
Vol 4, No 2 (2005): SEPTEMBER 2005

MAPPING THE HUMAN-BASED GLOBAL COMPETITION ADVANTAGE THROUGH CREATED ORGANIZATIONAL

Agung Subono (CV. Puji Harum Pati Jateng)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2005

Abstract

Artikel ini mencoba untuk me-review dan mendiskusikan beberapa isu keunggulan kompetisi global pang berbasis pada aset manusia sebagai aspek inti untuk mencapai keunggulan kompetitif. Sebagaimana diketahui, dibandingkan berbagai aset lainnya yang bukan manusia (non-human assets), aset manusia bersifat lebih unik, komplementer, mendorong, dan menentukan sukses suatu organisasi. Namun, aset manusia yang sukses horus didukung oleh efektivitas organisasi dalam mengelola efektivitas berbagai asetnya, baik manusia maupun bukan manusiaEfektifitas organisasional dan keunggulan kompetisi global adalah masalah mendesak yang dapat menunjang kinerja yang lebih tinggi dari suatu organisasi bisnis. Diperkirakan bahwa efektifitas organisasional akan memberi pengaruh secara langsung terhadap kinerja, dan sasaran untuk mencapai keunggulan kompetisi global dapat memberi pengaruh terhadap kinerja baik langsung maupun tidak langsung - paling tidak hal tersebut dapat membentuk semangat untuk mencapai kinerja yang tinggi dalam persaingan global. Suatu perusahaan dikatakan memiliki keunggulan kompetitif jika ia dapat mengungguli pesaingnya dalam menarik pelanggan dan bertahan menghadapi berbagai kekuatan persaingan (Thompson & Strickland, 2001). Hal yang sama berlaku pula untuk keunggulan kompetitif global, hanya saja dalam konteks global perlu diperhatikan begitu banyak isu global (misalnya: lokalisasi manajemen, koordinasi internasional, pengembangan kepemimpinan global, pemahaman dan integrasi budaya dalam akuisisi lintas-batas, dan munculnya berbagai tantangan budaya dari manajemen pengetahuan global, (Evan et.al, 2002)). Selanjutnya, artikel ini memilih fokus hanya pada isu-isu berbasis manusia (human-based issues). Implementasi, masalah, hambatan, tantangan, keterbatasan, dan arah untuk riset dan penelaahan di masa mendatang didiskusikan secara ringkas.

Copyrights © 2005






Journal Info

Abbrev

mabis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Manajemen & Bisnis (MABIS) is an open access journal with ISSN 1412-3789 and e-ISSN 2477-1783. The editorial board invites authors and experts to publish and share their ideas through scientific and empirical research in the field of Management and Business. The major objective of the publication is ...