JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 4, No 2 (2018)

Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Suriyani Suriyani (STKIP Labuhan Batu Pendidikan Matematika)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Kabupaten Asahan. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dengan tipe uraian sebanyak 3 soal. Data diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa berupa soal pretest yang diberikan sebelum proses pembelajaran dan posttest yang diberikan diakhir proses pembelajaran. Analisis data menggunakan uji Paired Samples T-Test, berdasarkan analisis data tersebut diperoleh thitung = 13,154 > ttabel = 1,697 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...