JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 2, No 2 (2016)

PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS SISWA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA

Lili Rohanita (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Kooperative Type Numbered Head Together (NHT) dikombinasikan dengan pembelajaran Konvensional pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara dan sampel adalah kelas VII-7 sebagai kelas control dan kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen. Analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Dari perhitungan dengan menggunakan uji hipotesis (uji t), perbedaan hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test pada kelas Eksperimen dan hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test pada kelas Kontrol dapat diketahui thitung 3,101 dan ttabel 2,042 maka menjadi thitung 3,101 < ttabel 2,042 dengan sig sebesar 0,66. Maka dinyatakan bahwa hipotesis diterima atau hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Number Heads Together lebih tinggi dan signifikan dibandingkan menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Utara.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...