JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 3, No 2 (2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED

Suriyani M.Pd (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2017

Abstract

Pengembangan kemampuan berpikir kreatif perlu dilakukan karena kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang dikehendaki dunia kerja.Tidak diragukan lagi bahwa kemampuan berpikir kreatif juga menjadi penentu keunggulan suatu bangsa. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIIIdengan mengambil sampel empat kelas (dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol) melalui teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal matematika, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan rumus ANAVA Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan pendekatn Open-Ended lebih baik dari pada yang diajar dengan pembelajar konvensional jik. Berdasarkan temuan penelitian pendekatan Open-Ended

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...