Bertambahnya volume pengguna jalan yang kian padat setiap tahunnya, maka perlu penambahan kapasitas jalan agar mampu menampung jumlah kendaraan yang semakain padat ini. Namun dengan menambah kapasitas pada ruas jalan karena adanya penambahan volume kendaraan ini, mengakibatkan beban yang harus ditopang oleh jalan itu semakin besar. Pada penelitian yang dilakukan kali ini dengan adanya bahan adictive yakni bubuk silicasebagai material perkerasan jalan campuran beraspal, guna mengetahui kelayakan penggunaan limbah tak terpakai ini. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental di laboratorium. Kinerja campuran beraspal ditentukan berdasarkan daya dukung campuran berdasarkan parameter stabilitas dan volumetrik dengan metode Marshall (SNI 06- 2489-1991) dengan 30 benda uji dari penambahan bubuk silica sejumlah 3%, 5%, 7%, 10% dan 12% dari berat benda uji dengan kadar aspal 4%, 5%, 6%, 7% dan 8%. Setelah serangkaian uji laboratorium didapatkan kandungan kadar aspal optimum pada penambahan kombinasi bubuk silica3% sebesar 6%. Dengan rincian hasil rata-rata nilai Stabilitas 1186kg, Flow 4,17mm, dan MQ 286 kg/mm.
Copyrights © 2019