Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis tentang (1) perbedaanhasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Project Base Learning dan modelpembelanjaran konvensial dengan kondisi siswa yang memiliki kreativitas tinggi danrendah. (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar terhadaphasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metodeeksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 SD Islam At TaubahJakarta Timur. Pengambilan sampel dengan cara random sampling, sehingga terpilih 48siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Hasil belajar Teknologi Informasi danKomunikasi siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learninglebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Konvensional.(2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajarterhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. (3) Hasil belajar TeknologiInformasi dan Komunikasi siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi lebih tinggi jikadiajar dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dibandingkan diajar denganModel Pembelajaran Konvensionali, (4) Hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasipada siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah yang, lebih rendah jika diajardengan Model Pembelajaran Project Based Learning dibandingkan diajar dengan ModelPembelajaran Konvensional.Kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran ProjectBased Learning dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasiyang lebih tinggi pada siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi
Copyrights © 2019