1) Perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang menggunakan bahanajar audio visual dan bahan ajar modul, 2) Pengaruh Interaksi antara kreativitas belajardan bahan ajar terhadap hasil belajar IPA, 3)Perbedaan hasil belajar IPA yangmenggunakan bahan ajar audio visual dan bahan ajar modul pada siswa yang mempunyakreativitas belajar tinggi, 4) Perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan bahan ajaraudio visual dengan bahan ajar modul pada siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah.Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen dengan menggunakan rancangan groupfactorial 2x2. Target pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SDIT Nurul FikriDepok. Populasi terjangkau terdiri dari 66 siswa yang terdiri dari masing-masing kelasadalah 33 siswa, Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan secara acak atau randomsampling dari empat kelas didapat dua kelas sample yang terdiri dari kelas control sebanyak33 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 33 siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis danpembahasan maka disimpulkan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar audiovisual lebih baik daripada siswa yang menggunakan bahan ajar modul. Kedua, adanyainteraksi penggunaan bahan ajar audio visual dan kreativitas terhadap hasil belajar IPA.Ketiga Siswa yang menggunakan bahan ajar audio visual memiliki kreativitas lebih tinggidaripada siswa yang menggunakan bahan ajar modul. Keempat, siswa yang kreativitasnyarendah tidak berpengaruh pada hasil belajar dalam menggunakan bahan ajar audio visualdan bahan ajar. Berdasarkan hasil temuan tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwapemanfaatan bahan ajar audio visual cukup efektif untuk meningkatkan kreativitas danmeningkatkan hasil belajar IPA.Abstrak meliputi: latar belakang penelitian, tujuanpenelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan penelitian yang ditulis secarasingkat dalam kesatuan. Jumlah kata dalam abstrak : maksimal 250 kata (satu halaman),dalam 1 alinea, dengan kata kunci (key word) 3-5 kata. (PTK-Abstrak-Isi
Copyrights © 2017