Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 6 No 02 (2017): Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DICK AND CAREY PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS 5 DI SDIT IQRO

Khairan M. Arif (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Verawati NA (Universitas Islam As-Syafi'iyah)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Tujuan pengembangan paket pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah untukmenghasilkan paket pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang memfasilitasipembelajaran pembentukan sikap atau aspek afektif dalam rangka meningkatkan kualitasproses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Model yang digunakan dalammengembangkan paket pembelajaran ini adalah model Dick & Carey (2001). Model initerdiri dari 10 langkah, namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sampai 9 langkahkarena keterbatasan waktu dan biaya. Langkah-langkah tersebut adalah: (1) Analisiskebutuhan untuk menentukan tujuan, (2) Analisis pembelajaran, (3) Identifikasi perilaku awaldan karakteristik pebelajar, (4) Merumuskan TPK, (5) Mengembangkan butir-butir tes, (6)Mengembangkan srategi pembelajaran, (7) Memilih dan mengembangkan materi, (8)melakukan evaluasi formatif, (9) Merevisi pembelajaran. Pemilihan penggunaan model Dick& Carey dalam pengembangan desain pembelajaran ini didasarkan pada beberapa alasan,yaitu: (1) Materi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan materi yangpenyajiannya memerlukan urutan-urutan tertentu secara sistematis. Misalnya, pada materiSurat-surat Al-Qur`an terdiri dari materi bacaan surat, arti surat, dan kajian surat dimanapenyajiannya tidak boleh ditukar-tukar. Sifat-sifat materi seperti ini sangat sesuai untukdikembangkan dengan model Dick & Carey, (2) Menurut beberapa penelitian bahwapemanfaatan sumber belajar berupa paket pembelajaran model Dick & Carey secara efektifdapat meningkatkan hasil belajar. Produk pengembangan berupa paket pembelajaran yangterdiri atas bahan ajar, panduan guru dan panduan siswa diujicobakan melalui evaluasiformatif yang meliputi beberapa tahap yaitu: review ahli isi materi, review ahli desain danmedia pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil. Data hasil evaluasiformatif berupa saran, tanggapan dan penilaian dari subjek uji coba digunakan sebagaimasukan untuk merevisi dan menyempurnakan paket pembelajaran yang dihasilkan. Hasilahli isi materi maupun dari uji ahli desain komponen bahan ajar menunjukkan pada kategorisangat baik dengan persentase padaahli isi 86%, ahli desain 75%, tanggapan siswa 89,5%dan tanggapan guru 80%

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

akademika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Akademika berfokus pada penerbitan artikel penelitian asli, meninjau artikel dari kontributor, dan isu-isu terkini yang terkait dengan pendidikan dan teknologi. Tujuan utama Akademika adalah menyediakan platform bagi para cendekiawan internasional akademisi, dan peneliti untuk berbagi ...