Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 2, No 2 (2016)

MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Fitri Yulianti Purnama Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2016

Abstract

pada era globalisasi, informasi semakin mudah didapatkan dan ilmu pengetahuanpun berkembang dengan pesat, semua orang dapat menerima informasi termasuk Siswa sekolah Dasar.  guru harus mempersiapkan siswa untuk dapat memilah dan memilih informasi karena tidak semua informasi dapat diterima dengan baik. dalam proses pembelajaran guru harus menggunakan model pembelajaran yang interaktif , menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk belajar aktif, mencari, menemukan, menggali informasi dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna, sehingga siswa dapat memecahkan masalah yang diberikan oleh guru melalui penemuannya. Guru harus menanamkan keterampilan berpikir kritis sehingga siswa dapat peka terhadap suatu maslah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pembelajaran IPS  yang didalamnya terdapat suatu pembelajaran mengenai disiplin ilmu-ilmu sosial. Pembelajarn IPS bertujuan memecahkan suatu permasalah pada kehidupan sehari-hari yang dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. sehingga siswa dapat mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...