Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 2, No 2 (2016)

PENGGUNAAN PENDEKATAN ¬CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Nuryani Rifani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dan metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dan memiliki ciri khas tersendiri terutama dengan adanya kelompok kontrol. Agar dalam hasil penelitian sesuai dengan yang diharapkan maka perlu dipehatikan urutan eksperimen. Adapun urutan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1)Mengidentifikasi masalah dan rumusan masalah. (2) Mengkaji landasan teoritis dan perumusan hipotesis. (3) Menyusun rencana penelitian. (4) Melaksanakan penelitian. (5) Mengolah dan menganalisis data, dan (6) Membuat laporan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data melalui dua cara yaitu (1) tes dan (2) observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). Peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa dibuktikan dengan hasil analisis, dimana pada siklus I mempunyai nilai ketuntasan 62,50% dengan nilai rata-rata 62,50 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai ketuntasan 87,50% dengan nilai rata-rata 76,50. 2) Bahwa aktivitas siswa dari siklus ke siklus mengalami peningkatan, ini dilihat dari nilai rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 60,16% untuk pertemuan I dan pertemuan II sebesar 66,41% sedangkan pada siklus II pertemuan I sebesar 76,56% dan pertemuan II sebesar 80,03%. 3) Untuk aktivitas guru juga mengalami peningkatan dimana dari kategori cukup aktif menjadi aktif dengan nilai persentase untuk siklus I pertemuan I sebesar 43,33% dan pertemuan II sebesar 66,67%. Sedangkan untuk siklus II pertemuan I sebesar 70,00% dengan mengalami peningkatan sebesar 83,33% untuk pertemuan II.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...