Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 1, No 1 (2015)

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Sandra Anggia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2015

Abstract

Di abad ke-21 ini kemampuan belajar, kemampuan berpikir, membuat keputusan, dan memecahkan masalah sangat diperlukan dalam kehidupan yang diperoleh melalui pendidikan. Dalam proses pembelajaran yang bersifat student center, siswa mampu mengembangkan kemampuan kognitif, afektif serta psikomotor yang dimilkinya. Termasuk dalam proses pembelajaran IPS yang terdiri dari berbagai ilmu sosial yang bersifat terpadu yang disusun melalui pendekatan pendidikan untuk membekali kebutuhan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give melatih siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan kartu permainan yang berisikan materi yang harus dipahami sehingga membantu siswa untuk memahami suatu konsep kemudian siswa dapat memberi dan menerima (take and give) informasi yang didapatkannya dengan temannya sehingga siswa mampu berinteraksi baik dengan teman sekelasnya. Selain itu model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat memperdalam dan mempertajam pengetahuan siswa melalui kartu yang dibagikan sehingga pemahaman terhadap suatu konsep mampu dikuasi siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...